Senin, 04 Juli 2011

JT 040711 : KAI Operasikan Kembali SCT-KPT

Afiliasi PT. Kereta Api Indonesia (KAI) yang mengurusi bidang logistik, bakal mengoperasikan kembali layanan kereta api (KA) angkutan batu bara dari stasiun Suka Cinta (SCT), Lahat ke stasiun Kertapati (KPT), Palembang.

Sempat terkendala dengan berbagai insiden di lapangan, kini setelah menyelesaikan isu infra-struktur (ada juga yang dalam proses penyelesaian), PT. Kereta Api Logistik (KALOG) menjadualkan layanan dari sehari sekali, menjadi 2 (dua) kali sehari.

Layanan berjadual ini merupakan upaya KAI untuk mendorong potensi ekspor angkutan batu bara di wilayah Sumatera Selatan, seiring dengan eksplorasi besar-besaran batu bara yang tengah dilakukan pihak propinsi maupun pemerintah daerah.

Efektif per tanggal 04/07, layanan KA QL diaktifkan dan memuat batu bara dari SCT ke KPT untuk selanjutnya dikirim keluar Palembang. Perkara tujuan, terserah Customer 'lah. Yang penting KAI dan KALOG mengantar dari Lahat hingga Palembang. Titik.

Aktifitas ini dilakukan sebagai upaya meminimalisir tingkat kemacetan di jalur Lahat-Palembang yang hingga saat ini didominasi angkutan truk batu bara, mulai dari ukuran 8 ton hingga diatas 20 ton. Akibatnya, kemacetan tak terelakkan.

Menggunakan 16 gerbong datar (GD, PPCW) dengan 32 kontainer, dalam sehari bisa mengangkut hingga 640 ton hingga 1.280 ton (bila lancar 2 rangkaian dioperasikan). Kendala bisa saja terjadi, karena angkutan batu bara mendominasi rute Muara Enim-Prabumulih.

Sejauh ini sih, lancar-lancar aja Bro'. Koq dioperasikan lagi pas di hari kemerdekaan Amrik ? Jawabnya, pas kebetuan aja. Hidup itu pas-pasan aja. Pas butuh pas ada ha ha ha ...

Congrats KAI en KALOG.

Sumber : KALOG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar