Senin, 29 November 2010

JT 291110 : Maersk Siapkan Kapal 18.000 TEUs

Operator kapal kontainer terbesar di dunia, Maersk Line, kabarnya sudah memberikan sinyal positif dan menandatangani letter of intent (LOI) dengan pihak galangan Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME).

Order yang disiapkan, yakni kapal berkapasitas 18.000 TEUs dan bila maujud maka ini adalah kapal kontainer terbesar yang pernah dibuat dan bukan Maersk Line kalo ngga bikin sensasi diakhir tahun he 3x ...

Menurut media Lloyd’s List, pihak Maersk menganggarkan dana sekitar USD 2 milyar namun pihak Korea Economic Daily (KED) menyebutkan dana yang disiapkan USD 4 milyar. Mana yang benar, biar Maersk yang menjawab saja.

Bila benar maka pelayaran asal Denmark ini akan memiliki armada kapal besar dengan kemampuan luar biasa dan memiliki sistem propulsi tercanggih serta mampu mengurangi kadar buangan emisi CO2 hingga separuhnya.

Lantas, apakah pelabuhan-pelabuhan besar di jagat ini mampu mengakomodir kapal segede ini (super mega-size vessels), sebut saja Antwerp atau Hamburg ? Saat ini, untuk menampung kapal super post-panamax saja sudah kerepotan. Masak sih ?

Setidaknya catatan media Containerisation International (CI) dapat menyadarkan para pihak dan operator pelabuhan berskala global agar bersiap-siap menyongsong era baru kapal kontainer berskala luar biasa ini.

Namun pihak Maersk yang memiliki divisi terminal sendiri (APM Terminals), pastinya punya segudang data dan persiapan dimana saja 'port of calls' yang siap disinggahi kapal 18.000 TEUs atau mangkrak dibengkel ? Ngga mungkin lah yaw.

Ikuti terus kelanjutan sensasi akhir tahun dengan kampanye kapal 18.000 TEUs ! Adakah yang menandingi kampanye ini ? Biasanya sih ada aja Bro. Just wait and see ‘lah.

Sumber : HKSG.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar