
Jepang diwakili 3 (tiga) pelayaran besarnya, yakni NYK Line, Mitsui O.S.K Lines (MOL) dan Kawasaki Kisen Kabushiki Kaisha (“K” Line) membuat servis bareng Asia – Honolulu, Hawaii dengan memasang 9 x 2.000-2.100 TEUs.
Efektif beroperasi tanggal 02/12, rotasinya sebagai berikut: Pusan - Keelung - Ningbo - Shanghai - Nagoya - Yokohama - Honolulu - Manzanillo - Buenaventura - Guayaquil - Manzanillo - Honolulu - Tokyo – Pusan. Jelas khan misi serangan Jepang atas Hawaii ?
Wakil RRCina dibidang yang sama, China Merchants Holdings International (CMHI) disebutkan berkolaborasi membentuk perusahaan patungan (joint venture) dengan membeli 47,5% saham di Lagos Container Terminal, Nigeria.
Kabarnya, CMHI membeli saham Tin Can Island Container Terminal, Nigeria senilai USD 154 juta dari pihak Zim Integrated Shipping Services, Israel – demikian menurut laporan Reuters. RRCina semakin gencar menancapkan kuku-kuku bisnisnya secara masif.
CMHI bakal memegang kendali dengan kepemilikan saham 60% di perusahaan patungan tersebut dan China-African Development Fund (CADF) memiliki 40%. Kini pihaknya tengah menunggu persetujuan otoritas RRCina.
Ayooo, tebak mana yang lebih strategis dan jago ? Jepang atau RRCina neh ?
Sumber : STA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar