Sabtu, 27 November 2010

JT 271110 : Yildirim Group (Turki) Ambil 20% Saham CMA CGM

Ini merupakan catatan sejarah bagi pelayaran Perancis, yang tempo hari sempat babak belur dihajar krisis likuiditas keuangan sehingga harus menjadual ulang semua hutangnya, kini mendapatkan investor Turki yang berniat membenamkan duitnya di biz CMA CGM.

Dengan menginvestasikan USD 500 juta, Yildirim Group memiliki akses untuk bisa memiliki 20% saham pelayaran terbesar nomer 3 didunia. Jacques Saade menyebutkan Yildirim pun berhak mendapatkan 3 kursi dari 10 kursi di dewan direksi dimana mayoritas keluarga Saade masih menguasai 80% porsi yang ada.

Lantas, siapakah Yildirim Group itu ? Perusahaan keluarga berskala internasional yang didirikan tahun 1963 ini memiliki bisnis inti di sektor: chrome ore mining & trading, produksi ferrochrome, batu bara, pupuk, pelayaran, galangan kapal dan manajemen kepelabuhanan. Pokoknya lengkap deh.

Bukan tanpa alasan Yildirim Group masuk ke pelataran CMA CGM dan meletakkan pena emas industri maritim Turki ke kancah internasional. Maknay ngga segan-segan manajemen Yildirim menyiapkan dana segableg untuk bisa memiliki sebagian saham CMA CGM.

Selama tahun 2010 CMA CGM dinilai berhasil melewati masa sulit dan butuh lebih dari keajaiban untuk bisa mengendalikan pelayaran dengan jumlah kapal mendekati angka fantastis 400 unit ini. Sejak awal 2010, CMA CGM sudah memboyong 12 kapal anyar, sehingga jumlah kapal yang dimiliki menjadi 92 unit. 

Saat ini, pelayaran Perancis ini mengoperasikan tidak kurang dari 400 unit kapal (termasuk kapal sewa)  dan ditahun 2011 mereka bersiap menerima 9 kapal baru, termasuk 6 diantaranya berkapasitas diatas 10.000 TEUs ! Wooow, semakin mantap aja nih kayaknya.

Congrats CMA CGM and welcome for Yildirim Group.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar