Kamis, 25 November 2010

JT 251110 : Tiger Spring vs Green Valley

Menurut media cetak lokal di India, Indian Express, telah terjadi lagi tabrakan maut di mulut sungai antara Hoogly dan Rupnarayan , sekitar 50 kilometer selatan Kolkata (dulu : Calcuta). Dua kapal naas tersebut : Green Valley (1.095 TEUs) dan Tiger Spring (917 TEUs).


Green Valley yang berbendera Bahama kini ditahan polisi untuk penyelidikan lebih lanjut. Alur sungai otomatis menjadi sempit untuk manuver kapal di sekitar lokasi. Sebab musabab tabrakan kabarnya karena miskomunikasi - demikian menurut Mukul Roy pejabat yang berwenang di industri maritim sono.


Tiger Spring kelihatannya tenggelam akibat kerusakan parah yang diderita sedangkan Green Valley cuma mengalami kerusakan ringan. Green Valley selanjutnya dibawa ke dermaga terdekat untuk investigasi dan perbaikan di Diamond Harbour.


Kejadian imi mirip tabrakan antara 2 (dua) kapal di Mumbai bulan Agustus lalu dan hingga kini masih menyisakan masalah, kapal belum bisa diungsikan karena memuat barang berbahaya, semisal gas. Saat itu melibatkan kapal MSC Chitra (2.314 TEUs) dan kapal bulk Khalijia 3.


Pfffuih, musibah lagi, musibah lagi. India lagi ketiban bencana banyak kapal tabrakan. Waspada dan waspada.


Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar