Sabtu, 06 November 2010

JT 061110 : Iran Masih Tunggu Investigasi Kapal CMA CGM

Pihak Kedutaan Besar Iran di Nigeria menolak berkomentar, terkait temuan 13 unit kontainer berisi amunisi dan persenjataan. Katanya sih menunggu hasil penyelidikan dan keputusan pemerintah pusat nantinya. Ya iyalaaah ...

Ke-13 kontainer dimaksud (yang berisi roket dan granat), dituliskan dalam dokumen pengapalan (Bill of Lading) sebagai "packages of glass wool and pallets of stone" dan dikirim via kapal kontainer CMA CGM Everest (1.800 TEUs).

Perkiraan awal, persenjataan ini dikirim oleh seorang pengusaha Iran untuk kelompok Hamas di Jalur Gaza namun belakangan diindikasi, pengiriman ini ditujukan ke Nigeria terkait isu pemilihan presiden Nigeria tahun depan.

Pihak CMA CGM sendiri menyebutkan deskripsi yang tercantum di B/L berbeda dengan kenyataan di lapangan dan otomatis memiliki implikasi serius. Artinya, pengiriman ini melalui rute rumit ke Afrika (Nigeria – Sudan) dan kemudian melintas ke Jalur Gaza.

Biarlah otoritas berwenang yang memberikan konklusi atas insiden ini. Berdo’alah semuanya berjalan lancar dan ngga saling merugikan. Kasian CMA CGM, lagi kena apesnya hik 3x ...

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar