Minggu, 07 November 2010

JT 071110 : Pelajaran Berharga Dari TCC

Ngga disangka-sangka, banyak pengamat dibuat terperangah dengan aksi buka feeder connection long-haul seperti yang dilakukan The Containership Company (TCC), salah satu operator terminal pun mengakuinya.

Modern Terminal Limited (MTL) seperti menemukan tambang emas di pelabuhan Taicang (sekitar 60 mil sebelah atas kawasan Yangtze dari arah pesisir) – yang secara langsung berseberangan dengan pelabuhan tersibuk di RRCina dan dunia, Shanghai.

Seperti diketahui, Taicang International Gateway (TIG) merupakan basis TCC dalam upaya mengoperasikan shuttle service Great Dragon ke Los Angeles (LAX). Taicang bersebelahan dengan pusat arus barang terbesar didunia yang berpusat di Yangtze River Delta.

TIG merupakan hasil kerja bareng antara MTL dan pemerintah propinsi Suzhou serta kedepannya mentarget banyak kelompok industri besar yang banyak menggunakan pelabuhan Shanghai. Taicang mengkampanyekan bisa menghemat biaya hingga 50%, dibanding bila kargo dibawa via Shanghai.

Sebagaimana diungkap Biz Development Manager MTL Mark Weaser, Shanghai kini menghadapi kongesti sebagai salah satu pelabuhan utama dunia sehingga Taicang bisa menangguk keuntungan dari kejenuhan pasar tersebut. Area industri Jiangsu memiliki SDM lebih murah dan bagus.

COO TCC Frank Keyser menambahkan, pabrikan bisa menghemat biaya trucking karena bisa menghemat waktu tempuh (transit time) yang panjang dan faktor keterlambatan (delays factor). Taicang mampu mengakomodir kapal antara 2.000 TEUs hingga 5.000 TEUs.

Tugas TCC adalah tetap mengedukasi Customer agar memahami keuntungan yang bisa didapat bila menggunakan pelabuhan Taicang sebagai basis pengapalan semua produk di kawasan industri Jiangsu. Konsistensi dan komitmen sangat diperlukan untuk meraih hasil optimal.

Data terakhir China Custom di tahun 2009 menyebutkan, 48% kontribusi kargo Shanghai berasal dari Jiangsu selatan, nah lo. Angkanya setara dengan 8,15 juta TEUs per tahun. Shanghai lokalan 26% (4,4 juta TEUs), Zhejiang 21% (3,62 juta TEUs) dan Jiangsu utara 6% (900.000 TEUs).

Kalau lihat angkanya, siapa juga yang ngga tertarik. Segambreng peluang, segambreng duit yang bisa diraup. Berhasilkah kampanye perusahaan pelayaran berkonsep murah-meriah (low cost carrier) TCC ? Sejauh ini, ya gitu deh.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar