Rabu, 10 November 2010

JT 101110 : CMA CGM Optimalkan Lattakia Port

Di mata CMA CGM, pelabuhan Lattakia yang terletak di Suriah sangatlah strategis. Di masa datang, yang bisa memanfaatkan fasilitas pelabuhan ini ngga cuma pelayaran ke-3 didunia tetapi bisa juga pelayaran global lainnya yang memandang area Med dari kaca mata komersil.

Menteri Perhubungan Suriah, Yarub Badr, meresmikan pengoperasian International Latttakian Port Container Terminal (ILPCT), yang dioperasikan bersama antara CMA CGM, Terminal Link (Houston, Amrik) dan Syria Holding Company - demikian seperti dilansir kantor berita Syria Arab News Agency (SANA).

Fase I mencakup lahan seluas 33 hektar dan pembangunan infrastrukturnya bakal menelan biaya USD 6 juta. Investor diperkirakan akan menghabiskan dana USD 46 juta supaya bisa meng-handle hingga 1 juta TEUs - dalam kurun waktu 1-2 tahun kedepan.

Juragan CMA CGM Jacques Saade menekankan, pihak nya siap mendukung setiap upaya peningkatan produktifitas, bekerjasama dengan Lattakia Port Development dan Kementerian Perhubungan Suriah. Terminal ini terdiri dari 4 dermaga, 120 titik reefer plug, 9 crane dan 33 lokomotif.

Prinsipnya, Lattakia dalam waktu dekat akan menjadi pelabuhan besar dan berpotensi menjadi hub-port penting di kawasan Med. Ngga percaya neh ? Ya silahkan diperhatikan secara seksama. Sukses Bro'. 

Kapan ya republik ini mendapat lirikan global player (kembali) dan memiliki banyak pelabuhan berstatus pelabuhan internasional ? Think about it.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar