Kamis, 30 September 2010

JT 300910 : September, Kapal Nganggur 224.000 TEUs

Bisa dibayangkan kapasitas kapal idle alias nongkrong ngga dapet jatah beroperasi, terhitung di bulan September ini mencapai 1,6% dari total armada kapal yang dioperasikan didunia atau bisa disetarakan dengan nominal 224.000 TEUs - demikian laporan agen riset maritim Alphaliner.
Walau dikabarkan indikasi muatan nge-drop toh secara total dibanding mid-September lalu ngga beda jauh, yakni 312.000 TEUs atau 1,5%. Kenaikan tersebut lebih disebabkan oleh penahana kapal milik afiliasi Islamic Republic of Iran Shipping Lines (IRISL), yakni HDS Line berupa 3 x 5.100 TEUs di Singapura.


Sejumlah pelayaran besar memperkirakan akan terjadinya penurunan volume menjelang akhir tahun dan menjelang Golden Week di RRCina sehingga semua mata tertuju mengamati secara seksama, apa yang akan terjadi dala 1-2 minggu kedepan. Eng ing eng ...


Belum ada sih penutupan servis tetapi pengurangan kapal di sejumlah rute, kayaknya bakal jadi alternatif paling mungkin, disamping pengalihan sejumlah ke rute lain yang dinilai masih prospektif. Kemana aja tuh ? Denger-denger sih Afrika dan Amerika Latin masuk hitungan paling pol. Just wait and see.


Jangan lupa, baca juga rujukan kemarin di JT 290910, lumayan buat nambah-nambahin wacana supaya tambah gaul he 3x. Ngegosip dilarang tapi terkait dengan gawean ... sah-sah aja kali yeee.


Sumber : Alphaliner.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar