Rabu, 01 September 2010

JT 010910 : Rotterdam Dikunjungi Ka-Ge Ke-100

Dominasi kapal gede (ka-ge, terjemahan ultra large container carrier /ULCC) atau mega-ship memang sulit menandingi pelabuhan Rotterdam, Belanda. Tanggal 26/08 lalu, Rotterdam kedatangan ka-ge yang ke-100 yakni, Evelyn Maersk di tahun 2010.

Maersk Line merupakan pengguna pertama ka-ge di tahun 2007, setelah itu diikuti CMA CGM, Cosco, Hanjin dan MSC. Saat ini ada sekitar 42 unit ULCC dan 145 lainnya dalam masa pembangunan.

Rotterdam disebut-sebut memang penggila ka-ge sehingga pembangunan terminal kontainer yang bisa menampung kapal sepanjang hampir 400 meter pun terus dilakukan. Setelah Maasvlakte, kini dibangun Maasvlakte 2.

Bahkan kedepannya pihak Port of Rotterdam Authority membenamkan euro 175 juta untuk mengembangkan dan memperlebar Amazonehaven di sebelah selatan ECT. Selain ECT ada APMT dan Euromax quay.

Pihak otoritas pelabuhan bahkan tidak menyangka bahwa setelah terpuruk di tahun 2009, ternyata perkonomian dunia menggeliat di Semester 1 – 2010 sehingga secara mengejutkan total kontainer yang di-handle naik 18% dibanding periode yang sama tahun 2009.

Bagaimana prospek pelabuhan di republik tercinta ? Masih jauh ‘lah tapi bukan mustahil. Syaratnya, dicari pemimpin yang memiliki visi dan misi mengembangkan industri transportasi (ngga cuma laut) secara jitu.

Kapan ? Silahkan jawab sendiri.

Sumber : EFT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar