Rabu, 22 September 2010

JT 220910 : 3 Besar Siap Hadapi Perompak


Ini kali pertama kampanye bersama anti perompakan digalang 3 (tiga) pelayaran terbesar didunia: Maersk Line, MSC dan CMA CGM. Mereka bersepakat bekerjasama menghadapi aksi perompakan yang sedang marak (kembali) di Teluk Aden dan Lautan Hindia.
Kesepakatan antar-ketiganya, termasuk pertukaran informasi dalam menetapkan ukuran standar keselamatan, kebijakan menghadapi perompak dan prosedur penanganan agar berjalan secara proporsional.


Saat ini, perompakan di area Somalia dan sekitarnya menjadi momok menakutkan di industri pelayaran karena para perompak ngga segan-segan membunuh awak kapal bila tuntutan upetinya ngga dipenuhi. Mirip aksi filem Hollywood atau mereka terinspirasi ya ?


Maersk, MSC dan CMA CGM sepakat melindungi anak buah kapal (ABK) dari setiap ancaman aksi teror yang ditebar di Teluk Aden dan Somalia. Ketiganya mengakui pentingnya Best Management Practice (BMP) serta pengembangan kedepannya.


Selain upaya nyata 3 besar diatas, dukungan masyarakat internasional pastinya punya peran penting guna meminimalisir tindakan anarkis yang ngga bertanggung jawab. Akankah semangat kebersamaan ini bisa menghajar sendisendi psikologis kaum perompak ?


Tinggal menunggu dan menunggu.


Sumber : STA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar