Minggu, 05 September 2010

JT 050910 : ELAA Mati Perlahan-lahan

Setelah nasib Conference Liner System tempo hari dilarang abiiiz oleh Komisi Eropa (KE atau EC) karena dianggap menumbuhkan iklim monopoli industri pelayaran atas biaya angkutan (ocean freight), nasib ELAA kini bak tinggal menunggu hari.

Bukan lagi dibilang sekarat karena ngga ada gawean jelas, namun karena segala usaha untuk menggantikan peran dan fungsi Conference sudah ditutup rapat oleh KE maka sekarang ELAA tinggal pasrah dan ngga berdaya.

Conference adalah sebuah forum pelayaran global dimana didalamnya digodok beragam informasi seputar armada kapal yang dioperasikan, kestabilan harga di rute tertentu, membuat statistik serta kompromi lain yang didisain untuk menjaga pasok dan permintaan.

ELAA (European Liner Affairs Association) merupakan institusi yang mengayomi kepentingan pelayaran global serta mendisain Conference sebagai alat untuk berkomunikasi satu sama lain. KE membaca indikasi ini sebagai kartel.

Rupanya akhir bulan September 2010 merupakan terakhir kali ELAA beraktifitas, setelah itu tugasnya akan dilebur ke World Shipping Council (WSC). Chairman ELAA saat ini dijabat oleh Eivind Kolding (CEO Maersk Line).

Goodbye ELAA, we’ll never forget your actions in the past.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar