Rabu, 29 September 2010

JT 290910 : 'Golden Week' Pangkas Kapasitas Hingga 40%

Kegiatan libur panjaaang di daratan Cina dan sekitarnya, dikenal dengan Golden Week, bakal berujung melempemnya aktifitas ekspor impor dari RRCina dan sekitarnya. Ngga heran bakal terjadi heboh gede-gedean.
Maksudnya, bakal ada tindakan drastis dari para Operator kapal untuk memindahkan sementara waktu, unit kapal dari lokasi kurang strategis yakni Asia - Eropa disaat liburan panjang berlangsung, ke lokasi alternatif.


Menurut catatan Alphaliner, efektif per tanggal 01/10 bakal ada pemindahan kapasitas 100.000 TEUs atau sekitar 40% total kapasitas Far East - Europe. Sejumlah pabrik di Cina bakal tutup mirip negeri in merayakan mudik Lebaran sehingga membuat kalang kabut jaringan perhubungan.


Guncangan turunnya volume sudah mulai dirasakan sehingga ada pelayaran yang mengambil langkah cepat memindahkan kapal atau membuat perhitungan lain, akibat turunnya volume muatan. Bila hal ini ngga ditempuh, bisa dibayangkan tarif akan kembali terjun bebas. Hmmmm.


Menurut Shanghai Containerized Freight Index (SCFI) - yang juga bakal tutup selama Golden Week - sebelumnya tarif berada di level USD 1.690/TEU (17/09) maka kini harga USD 1.500/TEU bisa ditemui dengan mudah atau bahkan lebih kecil lagi.


Secara statistik, kapasitas mingguan saat ini sekitar 247.000 TEU per minggu, atau lebih tinggi 14,9% dibanding posisi September 2009 lalu. Yang mendapat untung yakni 3 besar yang memiliki kapal anyar diatas 10.000 TEUs, yakni Maersk, MSC dan CMA CGM.


Kemana arah kapal dialihkan untuk sementara waktu ? Ada yang diarahkan Amerika Latin dan sebagian lagi ke Afrika. Operator memang harus jeli kalo ngga mo kecele akibat liburan panjang. Take care deh. Waspadai perang tarif Neh.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar