Minggu, 11 Oktober 2020

JT 111020 : RRCina Negara Pertama Yang Pulih Setelah Pandemi

 

Menurut grup think-tank Oxford Economics, bahwa RRCina menjadi negara yang pertama bangkit setelah dilanda Coronavirus tempo hari, sementara negara2 lain hingga hari ini masih sibuk bagaimana menangani pandemi ini.

Ekonom Senior Oxford Economics, Tamara Basic Vasijev  menyebutkan bahwa sesuai hasil survei, ekonomi RRCina jauh lebih baik dibanding periode sebelumnya. Negeri Panda berhasil melewati nilai ekspor di periode sebelumnya.

Menurut statistik yang dikeluarkan pada tanggal 30/09 oleh Biro Statistik Nasional (NBS – National Bureau Statistics) RRCina, sub-indeks yang mengukur pesanan ekspor baru naik 1,7 poin pada September dari bulan sebelumnya, menjadi 50,8 di atas garis boom-bust 50 untuk pertama kali tahun ini.

Dengan penerapan kebijakan untuk menstabilkan perdagangan luar negeri, ekspor dan impor sektor manufaktur mengalami peningkatan lebih lanjut, kata ahli statistik senior NBS Zhao Qinghe.

Rata2 semua negara yang dilanda pandemi cukup panjang akan mengalami penurunan drastis di sektor pariwisata. Hal yang dialami Perancis, Spanyol + Italia dan menempatan mereka semua di posisi genting.

Apakah RRCina terkena juga ? Pariwisata RRCina justru merefleksikan pemulihan yang kuat selama liburan Hari Nasional pertama negara itu mulai 01/10, sejak wabah Covid-19.

Tiongkok mencatat 425 juta kunjungan turis domestik dalam empat hari pertama dari delapan hari libur nasional, dengan total pendapatan pariwisata mencapai CNY312 Miliar (sekitar USD 45,8 Miliar), menurut laporan yang dikeluarkan oleh China Meituan Research Institute, sebuah badan penelitian ilmu sosial, lapor Xinhua.

Menurut laporan Bank Dunia baru-baru ini, ekonomi Tiongkok diperkirakan akan tumbuh 2 (dua) persen pada tahun 2020, naik dari proyeksi pertumbuhan 1 (satu) persen yang dirilis pada bulan Juni.

Woooow, apa artinya ini ? Akankah Amrik dan negara2 sekutunya yang sempat menyepelekan sikon perekonomian RRCina, akan sadar diri ? Jika tidak maka garis keberuntungan akan memihak Negeri Tirai Bambu.

Kita akan lihat kinerja perbaikan ekonomi di kuartal 4 tahun 2020 ini. Jika benar2 bertumbuh bukan mustahil akan menghajar ekonomi negara2 maju kedepannya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar