Sabtu, 10 Oktober 2020

JT 101020 : CP + Maersk Bangun Fasilitas Logistik Di Vancouve

 


Operator kereta barang di Kanada, Canadian Pacific Railway Limited (CP) dan raksasa pelayaran asal Denmark, Maersk bersepakat untuk membangun + mengoperasikan fasilitas distribusi berkelas (built and operate) di Vancouver.

Tujuannya melayani Customer Maersk Kanada serta sebagai upaya ekspansi biz CP dengan menggandeng salah satu mitra strategis. Akankah ini menjadi pemicu persaingan baru di Kanada ? Entahlah.

Nantinya, fasilitas distribusi + bongkar muat CP saat ini di Vancouver Intermodal Facility bakal semakin waaah, karena akan dilengkapi berbagai fasilitas baru. Rencana beroperasi tahun 2021 mendatang.

Kedepannya moda truk yang biasa digunakan Maersk untuk kepentingan bongkar muat, akan digantikan oleh moda kereta api karena fasilitas transload ini akan bisa menangani multi-komoditi.

Sementara alur proses dari pelabuhan menuju fasilitas distribusi + transload ini, akan dipersiapkan oleh CP secara bolak balik. Pemanfaatan moda kereta oleh kedua belah pihak tiada lain untuk mendukung program perubahan iklim.

Untuk jangka panjang, kombinasi dua kekuatan antara CP + Maersk akan mampu mendominasi tradisi distribusi di Amrik sebelah utara serta untuk mengetes bakal membanjirnya barang2 e-commerce

Wuiiih mantep nih konsep kedepannya. Skuuuuy kita simak bareng2.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : FreightWaves.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar