Kamis, 08 Oktober 2020

JT 081020 : CMA CGM (+ IMO) Diserang Pasukan Siber

 

Sesuatu hal di jaman digital dan juga sempat diramal oleh para pakar siber, bahwa dengan semakin canggihnya teknologi yang dimiliki, harus dibarengi juga dengan sistem proteksi tingkat tinggi untuk menghindari serangan siber seperti saat ini.

Sudah 1 (satu) minggu sistem yang dipergunakan oleh perusahaan pelayaran CMA CGM lumpuh setelah diserang pasukan siber profesional. Sementara itu website IMO (International Maritime Organization) baru saja pulih perlahan-lahan.

Pasukan siber profesional merupakan kumpulan orang2 yang memiliki keahlian membobol software systems milik pihak lain + meminta tebusan agar sistem bisa kembali dioperasikan ato menyiasati dengan sistem cadangan (back-up).

Menyikapi serangan di dunia maya baru2 ini, pihak CMA CGM telah menunjuk mantan kepala IBM Perancis untuk mengambil inisiatif digital grup, yakni Nicolas Sekkaaki, wakil presiden eksekutif TI, digital dan transformasi.

Untuk diketahui, sejumlah layanan berbasis web milik IMO menjadi tidak tersedia / hilang. Adapun sistem yang terkena dampak pembajakan siber ini, termasuk situs utama IMO dan layanan berbasis web lainnya. Jelas kejadian ini menjadi pelajaran berharga.

Setelah serangan di dunia maya tersebut, file server kantor pusat IMO berlokasi di Inggris, dengan sistem cadangan ekstensif di Jenewa diuji berulang kali untuk memastikan sistem back up + program pemulihan berlangsung dengan baik.

CMA CGM yang berbasis di Marseille terus berjuang untuk bisa mengatasi kejadian ini. Sebelumnya serangan siber sejenis pernah dialami pula oleh Maersk + Mediterranean Shipping Co. (MSC) dan dampaknya lumayan repot.

Dari sejumlah afiliasi CMA CGM Group, yang sudah beroperasi penuh yakni milik Mercosul + Containerships, sedangkan unit lainnya, semisal APL, CNC, serta sistem booking online masih dalam penanganan intensif pihak perusahaan.

Jika ada yang membutuhkan keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi kantor perwakilan CMA CGM Group terdekat.

Sumber: HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar