Jumat, 09 Oktober 2020

JT 091020 : Jalur Ganda KA Lintas Selatan Jawa Dioperasikan

 

Sebelumnya sudah dibangun secara bertahap tetapi belum bisa dioperasikan secara penuh, seperti halnya jalur ganda kereta api (KA) lintas utara di Pulau Jawa. Kini jalur ganda KA lintas selatan pun mulai diaktifkan walau belum 100 persen.

Minimal ada kemajuan walau sempat dipotong-potong anggarannya karena demi efisiensi. Kementerian Perhubungan mengatakan jalur ganda KA lintas selatan Jawa mulai dari Cirebon-Jombang telah tersambung, memiliki panjang 550 kilometer (km).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan jalur ganda KA lintas selatan Jawa yang telah tersambung itu meliputi Cirebon-Purwokerto-Kroya-Yogyakarta-Solo-Madiun-Jombang. Namun, masih ada beberapa rute yang masih dalam proses pengerjaan.

Menhub menjabarkan proyek yang belum selesai itu adalah jalur ganda KA lintas selatan Jawa antara Jombang-Mojokerto-Wonokromo. Ia menargetkan proses pengerjaan akan selesai dalam 1 - 2 tahun mendatang.

Secara keseluruhan, sambung Budi, jalur ganda KA lintas selatan Jawa memiliki panjang total sekitar 694 km. Ada tiga terowongan yang dibangun dalam proyek jalur ganda KA lintas selatan Jawa. Tiga terowongan itu adalah terowongan Notog, terowongan Kebasen + terowongan Ijo.

Semoga bermanfaat.

Sumber : CNN Indonesia / Foto : Republika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar