Minggu, 25 September 2016

JT 250916 : “K” Line Tuduh APLL Sebarkan Berita Palsu

Kegeraman perusahaan pelayaran Jepang, Kawasaki Kisen Kaisha yang lebih dikenal dengan nama “K” Line, udah nyampe di ubun2. Petinggi “K” Line menuduh APL Logistics (APLL) Singapura sebagai penyebar isu sesat.

Gak kurang dari Presiden & CEO “K” Line Eizo Murakami yang berniat memperkarakan kegaduhan “K” Line yang mendekat kebangkrutan dan kini meminta konfirmasi dari perusahaan logistik, yang dimiliki oleh perusahaan Jepang pula.

Seperti diketahui, APLL gak termasuk paket yang dibeli oleh CMA CGM saat APL dibeli oleh pelayaran Perancis tsb. APLL keburu dilego dan diijual ke Kintetsu Worldwide Express (KWE) beberapa waktu sebelum take-over APL dari Neptune Orient Lines (NOL).

Tuduhan “K” Line kepada APLL sangat mendasar dan gak benar sama sekali pelayaran ke-3 terbesar di negeri Matahari Terbit mendekati kebangkrutan dan mengalami kesulitan keuangan. Perkara lagi susah lha iya lah, hampir semua pelayaran sekarang ini begitu …

Media cetak Amrik, American Shippers awal bulan September ngelaporin bahwa “K” Line menjadi target pencaplokan Effisimo Capital Management berikutnya. Bahwa “K” Line ada dialog dengan Effisimo adalah benar, tetapi sebatas isu investasi. Gak lebih.

Nah loh, sekarang gimana ceritanya APLL bisa ngeluarin pernyataan “K” Line bangkrut ? Itu kerjaan oknum ato sengaja sebagai tekanan bisnis ? Ini yang masih menjadi tanda tanya  besar dan bahkan udah disampaikan kepada manajemen APLL.

Harus diakui, “K” Line membukukan net loss USD 266 juta dimana biz container menyumbang USD 121,9 juta. Dalam sebuah email dari APLL menyebutkan bahwa “K” Line berpotensi bangkrut dan email tsb (kabarnya) didistribusikan kepada Pelanggan pada tgl 20/09 dan terjadilah kehebohan diatas.

Blon lagi isu Hanjin Shipping (HJS) yang tengeh klepek2 dan mencari keajaiban di dunia nyata, kini industry maritim diumpanin gossip anyar “K” Line bakal bangkrut. Beuuuuh tambah jozz. Blon lagi ada bisikan halus juga, Maersk bakal ngebeli HJS dan HMM. Masak sih ?

Untuk menjawab sikon yang meresahkan nama “K” Line maka pelayaran Jepang ini menyampaikan laporan keuangan sebagai rujukan Customer yang keppo di http://www.kline.co.jp/en/ir/library/bs/__icsFiles/afieldfile/2016/07/28/fh2016_1con_e_1.pdf.

Kejelasan informasi selanjutnya, kita tunggu bareng2 ya supaya jelas posisi masing2 dan ngga mengacaukan informasi yang beredar di dunia maya maupun medsos. Jaman sekarang memang gak main2. Sekali libas, ribuan karyawan bisa nganggur …


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar