Kamis, 01 September 2016

JT 010916 : HJS Bangkrut !

Ini adalah anti-klimaks yang harus dijalani oleh perusahaan pelayaran Korea Selatan, yang selama ini malang-melintang dan cukup disegani oleh para mitra kerjanya. Kini nasibnya tinggal selangkah menuju ke kebangkrutan.

Kelihatannya sadis dan serem tapi apa boleh buat. Dukungan agar Hanjin Shipping (HJS) bisa berkiprah lagi di industri pelayaran tampaknya semakin susut sehingga bagi dewan direksi HJS seolah buntu dan gak ada pilhan lain … hik 3x.

Pihak HJS mengajukan kurator pengadilan atas sikon terkini, dimana semua pihak udah gak ngasih dukungan lagi dan dipastikan dalam waktu dekat, bendera HJS bakal diturunkan mendadak  – demikian menurut takisran Bloomberg News.

Menurut kantor berita Reuters, dewan direksi sepakat memanggil kurator – sesuai hasil rapat di Seoul hari Rabu tgl 31/08. Kabar kebangkrutan pelayaran terbesar ke-7 versi Alphaliner ini, merupakan yang terbesar di dunia, ditinjau dari sisi keuangan dan kapasitas.

Sebelumnya, Hanjin Group bakal nyelamatin HJS dengan jumlah suntikan dana yang besar dan berkelanjutan hingga sikon pelayaran dunia membaik tetapi perkiraan ini akhirnya dikesampingkan.

Pelayaran ke-2 terbesar di Korea Selatan, Hyundai Merchant Marine (HMM), kini bisa berlayar kembali setelah program restrukturisasinya berjalan mulus dengan dukungan kuat KDB maupun para juragan kapal.

Rupanya skenario serupa blon tentu bisa diterapin dengan kasus yang sama dengan HJS. Bahkan disebut2 HMM mendapat suntikan dana pihak ke-3 yang berniat ngebeli sahamnya dan kini HMM ikut aliansi strategis 2M yang dimotori Maersk Line dan MSC.

Komposisi 10 (sepuluh) pelayaran besar dunia di akhir tahun 2016 akan mengalami perubahan besar, apalagi dengan sejumlah aksi merger yang dilakukan, semisal CSCL + Cosco serta Hapag-Lloyd + UASC dan akuisisi APL oleh CMA CGM.

Belajar dari pengalaman bangkrutnya Dongnama Shipping (DNA) beberapa tahun silam, dimana kapal berlayar dan disaat bersamaan jatuh talak DNA bangkrut, kargo Pelanggan seperti barang gak bertuan.

Kapal bisa ditahan pihak berwenang ato otoritas terkait. Kemudian asset container jadi rebutan para-pihak yang meng-klaim dirinya berhal, Blon lagi mengatasi komplein2 Pelanggan besar … beuuuu kompleksitasnya sangat luar biasa rumit (jikalau benar2 terjadi).

Hanya keajaiban yang bisa menyelamatkan HJS. Benarkah ? Terus gimana juga dunk nasib aliansi strategis THE, untuk menggantikan CKYHE yang bubar jalan karena anggotanya tercera-berai ? Gak usah rempong deh, udah ada yang ngurusin.

Seperti sebelum2nya, semua orang nyaris gak percaya klo Hanjin Shipping bisa bernasib tragis. Walau blon secara jelas dikatakan bangkrut tetapi permohonan kurator sampai dengan penahanan kapal di pelabuhan tertentu, berindikasi serius bahwa HJS (bakal) bangkrut.

Baca rujukan sebelumnya di : JT 300816 : Isu HJS - Seaspan Mengalah, Kreditor Lain Nyerah, JT 080816 : Hanjin Shipping Tetap Berjuang, JT 290616 : Hanjin Kembalikan 38 Kapal Sewa, JT 150616 : Giliran Hanjin Shipping (HJS) Cari Dukungan dan JT 020516 : Seaspan Gak Kuatir Dengan HMM dan HJS.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar