Selasa, 04 Oktober 2016

JT 041016 : HMM Kurangi Kapasitas, Maersk Jaga Kapasitas

Ini berlaku untuk rute Amrik dimana tadinya, banyak yang ngarep, sepeninggal servis Hanjin Shipping (HJS) di negeri Paman Sam banyak pelayaran memberlakukan extra-loader buat nampung muatan ex HJS ato sebut saja yang mangkrak gak keurus.

Artinya, yang tadinya mengebu-gebu bakal nambah kapasitas angkut, ehh belakangan malah pada mikir, koq sebentara aja nih. Kargo Trans Pasifik (TP) ternyata gak melimpah-limpah amat, dan kini kecenderungannya turun lagi.

Beuuuuh tadinya dikira bakal melejit ternyata berbanding terbalik dengan harapan. Seperti diketahui, pelayaran Korea, Hanjin Shipping dikabarkan tengah menghadapi berbagai tuntutan, baik dari pemilik kapal hingga otoritas pelabuhan karena mengalami kesulitan pembayaran.

Hyundai Merchant Marine (HMM) merupakan pelayaran pertama yang mengurangi kapasitas di TP dan gak tertarik mengambil-alih kargo ex HJS. Di sisi lain, Maersk masih tetap commit untuk menjalankan extra-loader muatan ex HJS.

HMM pilih menambah extra sailing justru di rute Asia – Eropa (AE) daripada TP. Selain alas an tariff yang gak kompetitif, juga peluang mendapatkan limpahan kargo di AE lebih besar. Toh HJS bangkrut pun ternyata tariff gak otomatis membaik.

HMM diharapkan bisa mengakomodir muatan limpahan ex HJS setelah pihak HJS menyatakan pailit di pengadilan Korea Selatan. HJS seperti diketahui, mengangkut 419.418 TEUs (7,54 %) muatan Asia – Amrik pantai barat (USWC) selama Semester 1 – 2016 – demikian data PIERS.

Yo wes, kita lihat saja perkembangan selanjutnya.


Sumber : Dari Sana-sini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar