Senin, 05 September 2016

JT 050916 : Kapal Hanjin Tertahan, Gak Bisa Bayar Tol Suez

Inilah drama menyedihkan yang harus diterima oleh pelayaran nomor satu di Korea Selatan, Hanjin Shipping (HJS). Setelah akhir Agustus 2016 lalu, pihak Korea Development Bank (KDB) angkat tangan, kini tinggal upaya top management HJS yang harus mengatasi isu keuangan.

Pihak KDB selaku salah satu pemegang saham HJS yang baru, angkat tangan setelah sejumlah upaya restrukturisasi gak berjalan mulus, berbeda saat mnegerjakan isu restrukturisasi di Hyundai Merchant Marine (HMM) yang kini berangsur membaik.

Membaik bukan dalam arti HMM langsung untung. Setidaknya bisa diterima di aliansi strategis 2M yang digerakkan oleh duo besar : Maersk Line dan Mediterranean Shipping Co. (MSC), sudah merupakan prestasi tooop.

Setelah dikabarkan bangkrut dan HJS masih diberi waktu sampe bulan November 2016 untuk menyelesaikan segala urusannya namun di luar sana, kepercayaan Pelanggan memudar dengan drastis dan memilih gak pake servis HJS lagi.

Pasalnya, yang sudah booking dan kontainernya nongkrong di pelabuhan saat ini, gak bisa berangkat dan yang udah didalam perjalanan, gak jelas bisa nyampe ato ngga. Wong – sekali lagi, belajar dari kasusnya bangkrutnya Dongnama – kapal ditahan dimana2.

Kali ini, hal serupa menimpa kapal2 HJS dan mulai menggerogoti reputasi HJS. Kapal Hanjin Switzerland (kapasitas 9.030 TEUs) yang kemarin tengah dalam perjalanan ke New York, terpaksa balik lagi ke Laut Merah karena gak sanggup bayar tol Terusan Suez.

Artinya, saat ini ancaman serius bagi HJS adalah bagaimana caranya men-deliver kontainer yang udah keburu booking. Sekali macet, dan berakibat fatal bagi HJS karena assetnya bakal berceceran dan diperebutkan oleh vendor maupun kreditor.

Kini, posisi kapal Hanjin Switzerland dikabarkan nongkrong buat sementara waktu, sambil nunggu kepastian. Kapal ini dimiliki oleh Ciner Ship Management, yang bermarkas di Istanbul, Turki..

Seperti diketahui, di Korea Selatan sendiri pihak pengadilan meminta CEO Hanjin, Seok Tae-Soo untuk menyerahkan laporan keuangan pada tgl 28/09 mendatang dan hasil proses rehabilitasi akan ditentukan tgl 25/11 mendatang. Lanjut ato tutup.

Selain Hanjin Switzerland, pihak Ciner juga menyewakan 3 (tiga) kapal lainnya yakni : Hanjin Croatia, Hanjin Czech dan Hanjin Hungary. Kapal2 tsb sedang di laut lepas (open sea) dan menunggu kabar lebih lanjut. Caranya dengan memperlambat kecepatan.

Kapal2 HJS lainnya yang kini ditahan di berbagai pelabuhan, antara lain : Hanjin Scarlet (4.600 TEUs) di Prince Rupert, Kanada, sementara Hanjin Greece (10.000 TEUs) dan Hanjin Constanza (4.000 TEUs) mendekati Los Angeles dan Long Beach, Amrik.

Bahkan pihak CN Rail (operator kereta api swasta di Kanada), pihaknya akan tetap membantu HJS dengan merilis barang impor sedangkan untuk semua muatan ekspor CN Rail udah ngumumin gak akan terima lagi.

Kita ikuti terus, apa yang akan terjadi dengan nasib HJS yang memang udah sekarat. Ikut prihatin.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar