Jumat, 16 September 2016

JT 160916 : Dampak Kasus Hanjin Bisa Luas

Ini masih bercerita tentang rontoknya sebuah pelayaran Korea, yang hingga kini masih diperdebatkan kenapa koq bisa bangkrut, Hanjin Shipping (HJS). Alih2 memantau pendapat pengamat pro, kita serasa jadi pengamat pro juga hi hi hi.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg Television, CEO Seaspan Corp. Gerry Wang menyampaikan dampak dari bangkrutnya HJS bisa bermacam-macam. Yang terlaris sih alasan perbaikan rate bisa segera dicapai.

Dampak lain yang bakal terasa, mayoritas juragan kapal yang status kapalnya tercecer di sejumlah negara dan pelabuhan, kini harus bisa mengatur strategi jangka pendek dan mendapatkan kembali kapalnya agar bisa segera di-switch ke pihak ketiga lainnya.

Menurut Wang, kejadian yang menimpa HJS ini mirip kejadian saat lembaga keuangan besar dunia, Lehman Brothers diwartakan bangkrut. Kontan industri keuangan panik dan heboh dengan kejadian tsb. Di industri pelayaran, isu HJS bakal menyerupai kasus Lehman Bros.

Hingga minggu lalu, ada 79 kapal HJS yang tercecer di 51 pelabuhan di 21 negara dan dilarang sandar melakukan bongkar muat, kecuali 4 (empat) kapal yang berlabuh di Amrik (baca JT 130916 : Pengadilan Amrik Jamin Kapal Hanjin). Itu pengecualian.

Dibalik duka, ada juga yang bersorak horeee. Kabarnya, Customer ex HJS tiba2 harus berpaling ke pelayaran lain dan pelayaran lain pun akhirnya melakukan extra-loader untuk menampung limpahan kargo yang gak diduga-duga.

Sampai seberapa jauh dampak yang ditimbulkan. Pastinya kargo impor yang tiba2 gak bertuan, bisa jadi long-long idle unit di pelabuhan. Blon lagi kargo yang tertahan diatas kapal dlsb, wuiiih poko’e nggawe ndas mumet.

Semoga mancarli ya.


Sumber : Dari Sana-sini.

2 komentar:

  1. container kita bakal disita ngak ya? hanjin argentina tujuan jkt. malah nyangkut di sg.hadeh

    BalasHapus
  2. container kita bakal disita ngak ya? hanjin argentina tujuan jkt. malah nyangkut di sg.hadeh

    BalasHapus