Selasa, 13 September 2016

JT 130916 : Pengadilan Amrik Jamin Kapal Hanjin

Entah ini sebuah keberuntungan ato merupakan terobosan pemerintah Amrik supaya jumlah komplein gak bertambah besar. Intinya, sangat dihargai upaya2 yang dilakukan pemerintah Amrik kepada perusahaan pelayaran Korea yang tengah dilanda musibah.

Kabarnya, disaat hampir semua negara dan pelabuhan saling tahan-menahan kapal akibat isu yang beredar, bahwa pelayaran Hanjin Shipping (HJS) saat ini udah bener2 tekor sehingga bisa dipastikan dalam waktu dekat bakal ambruk.

Tapi gak demikian dengan sikap pemerintah Amrik. Pengadilan Amrik pada hari Jumat 09/09/16 akhirnya menandatangani permintaan resmi atas pemberian perlindungan sementara kepada Hanjin Shipping Co Ltd. dari kreditur di Negeri Paman Sam.

Pihak Hanjin telah meminta Hakim Kepailitan AS John Sherwood untuk mengeluarkan perintah demi mencegah kreditur AS merebut kapal Hanjin ato properti perusahaan. Dengan perlindungan tersebut, pemilik kargo dapat mengambil barang mereka yang sebelumnya terdampar di gudang.

Sebelumnya lagi, perusahaan menerima wewenang untuk mengeluarkan uang yang dibutuhkan untuk berlabuh di pelabuhan Amrik dan mulai melakukan kegiatan bongkar kargo pada empat kapal yang selama ini terombang-ambing di laut akibat isu bangkrutnya HJS.

Otoritas kelautan negara bagian Kalifornia, Marine Exchange of Southern California, mengumumkan salah satu dari empat kapal HJS, yakni Hanjin Greece dijadualkan berlabuh dan melalukan kegiatan bongkar di Pelabuhan Long Beach pada Sabtu pagi 10/9/16 waktu setempat.

Tiga kapal lainnya yang juga akan menyusul a.l. Hanjin Boston, Hanjin Jungil dan Hanjin Gdynia. Sementara itu, manajemen Hanjin mengatakan, beberapa kapal mungkin tidak akan berlabuh di tujuan asli mereka.

Hal ini meresahkan dan bisa menimbulkan masalah baru bagi perusahaan seperti HP Inc., Samsung Electronics dan Home Shopping Network. Kita ikuti terus bagaimana manajemen HJS menangani drama kebangkrutan yang tengah dihadapi di depan mata.

Isu bakal ada injeksi dana gede2an juga blon kunjung tiba, yang ada malah isu2 semakin membengkaknya klaim yang bakal diterima HJS apabila hingga akhir September 2016 gak bisa menyelesaikan kewajiban2nya.

Hmm berat juga ya. Semoga mancarli ya.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar