Kamis, 22 Mei 2014

JT 220514 : “ZIM” Tuntaskan Restrukturisasi

Ditengah krisis keuangan yang mendera pelayaran Israel, Zim Line, diperparah lagi dengan turunnya permintaan pasar sehingga hukum pasok & permintaan pincang, ujung-ujungnya permintaan tarif Customer bisa terjun bebas.

Belum lama ini, kabarnya pihak Zim Line berhasil menuntaskan program restrukturisasi senilai USD 3 milyar, disertai penyertaan modal segar USD 200 juta dari “Israel Corporation” sehingga perusahaan yang nyaris kolaps ini bisa bangkit kembali.

Ekstrimnya, Zim berniat untuk mengembangkan armadanya dimana di tahun lalu, hampir beberapa kali dilakukan pembatalan konstruksi kapal besar. Harap dimaklumi, Zim merupakan salah satu pelayaran global yang tidak memiliki mitra aliansi strategis di east-west trade serta dalam beberapa tahun belakangan merugi terus.

Kabar beresnya program restrukturisasi cukup mengejutkan semua pihak, setelah sebelumnya Zim diguncang pemogokan cukup serius, yang berakhir dengan penutupan sementara kantor di Haifa dan pelarangan kapalnya untuk pergi berlayar.

Zim Line pada awalnya dimiliki 100 persen oleh Israel Corp. namun kini kepemilikan sahamnya hanya tinggal 32 persen. Pihak pemerintah dan investor mengambil-alih bisnis ini untuk kepentingan nasional sehingga gak aneh bila pemerintah Israel tetap menginginlan kontrol khusus, yakni berupa hak veto / golden share bila ditengarai kebijakan Zim Line berlawanan dengan kepentingan nasionalnya.

Rencana detilnya masih ditunggu oleh banyak pihak. Yuuuuk kita tunggu aja.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar