Rabu, 14 Mei 2014

JT 140514 : Kapal “Zim Iberia” Dilarang Berlayar

Program restrukturisasi yang tengah dijalankan oleh pelayaran Israel ini menuai ketegangan. Kabarnya, sejumlah pegawai dikurung di kantor pusat Zim Line di Haifa, setelah sejumlah anggota asosiasi yang kontra dengan kebijakan restrukturisasi menahan kapal “Zim Iberia” (3.500 TEUs).

Menurut laporan media “Lloyd’s List” kapal tersebut ditahan untuk berlayar tanpa penjelasan detil. Tapi bisa disimpulkan sebagai tekanan berat yang dihadapi antara manajemen – anggota asosisasi serikat pekerja yang meminta “hak veto” pemerintah Israel dihilangkan.

Pemerintah Israel secara tegas mengisyaratkan pelayaran milik bangsa Yahudi ini bila di-swasta-kan dengan masuknya investor baru, pemerintah Israel dimungkinkan memiliki “golden share” berupa hak veto bila kebijakan yang dijalankan melanggar ketentuan yang berlaku.

Pihak Mahkamah Agung Israel dan National Naval Officers Association sudah pula melayangkan petisi agar hak veto dikurangi ato disesuaikan. Nah bentuknya seperti apa, kita gak ngerti banget tuh. Intinya sih, serikat pekerja keberatan adanya hak veto. Gitu.

Para-pihak menyarankan, bawa saja ke meja perundingan supaya semuanya jelas namun biasanya bila di forum formal, pihak pelayaran memiliki posisi kuat sehingga saat dikonfimrasi usulan rapat, pihak serikat pekerja menolak !

Weleh-weleh, jadinya gimana. Ikutin aja deh perkembangan yang terjadi di tubuh “Zim Line” selanjutnya.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar