Kamis, 31 Mei 2012

JT 310512 : SCI Jeblok & Rugi USD 76 Juta


Tahun 2011 memang parah, ngga mandang pelayaran mana, kebanyakan raport-nya jeblok akibat buruknya kondisi perekonomian. Padahal, periode tutup buku pelaporan pelayaran India ini berakhir Maret 2012. Ngga nolong juga tuh.

Adalah Shipping Corporation of India (SCI) yang merupakan perusahaan pelayaran pelat merah India dan merugi hingga INR 4,28 milyar (= USD 76, 24 juta) untuk periode tahun 2011 yang ditutup akhir Maret 2012 lalu.

Harian setempat, Economic Times of India melaporkan bahwa kontribusi terberat atas jebloknya prestasi SCI adalah tingginya harga minyak serta tanggungan biaya bunga yang meningkat hampir 6x lipat hingga INR 3,87 milyar !

Kedepannya, SCI bakal melakukan restrukturisasi servis, walau secara khusus di sektor bulk ngga yakin bakal mengangkat pendapatan. Harapan diletakkan ke sektor tanker dan offshore (industri lepas pantai) – demikian ujar chairman S. Hajara.

Hantaman krisis yang terjadi belakangan ini ikut menggerus armada SCI yang semula berjumlah 62 kapal menjadi 36 unit saja. Haaah ? Jangan kaget, itu lumrah dan dampaknya akan dirasakan beberapa waktu kemudian.

Prihatin dan prihatin dulu lah.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar