Rabu, 02 Mei 2012

JT 020512 : Seaspan/COSCO + APL Terima Kapal Baru

Tuuuuh khan, serah terima kapal kontainer anyar selama tahun 2012 terus bergulir. Susah di-rem, begitu orang bilang. Buktinya, Seaspan Inc. baru saja menerima kapal terakhir dari total pesanan 8 unit seri 13.100 TEUs dari galangan Hyundai Heavy Industries (HHI), Korsel.

Kapal yang diberi nama COSCO Fortune ini, disewakan oleh Seaspan kepada pelayaran Cosco Container Lines (Coscon), dengan masa sewa 12 tahun serta memperpanjang daftar kepemilikan armada kapal Seaspan menjadi 69 unit.

Kapal ini merupakan kapal ke-18 yang disewakan kepada pihak Coscon. Lantas apa hubungannya dengan Seaspan Inc ? Seaspan merupakan juragan kapal yang memiliki markas di Vancouver, Kanada tetapi kantor pemasarannya menyebar luas. Do'i memang punya hubungan dekat dengan Coscon.


Pelayaran lain yang juga mendapat kapal barunya adalah afiliasi dari Neptune Orient Lines (NOL), yakni APL. Kabarnya, NOL memesan 6 (enam) unit kapal berkapasitas 10.700 TEUs dari galangan Korsel, HHI dan juga Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME).

Kapal terbarunya, APL Southampton kebetulan dibuat oleh DSME. Asal tahu aja, APL ngorder 8 x 10.000 TEUs di bulan Juni 2007 dan membagi jatah 50:50 antara HHI dan DSME, jadi masing-masing dapat jatah 4 unit.

Namun saat ada wacana penambahan jadi 10 unit kapal baru, 2 (dua) kapal tambahan dijatuhkan ke DSME (sekitar Agustus 2010 keputusannya). Alasannya, kapal buatan HHI ukurannya lebih kecil yakni 10.070 TEUs.

Tiga dari 4 kapal pesanan yang dibuat HHI sudah dikirim ke APL, dan yang terakhir masuk APL Qingdao (rencananya, sekitar bulan depan). APL Southampton sendiri akan dimasukkan ke loop 4 milik aliansi baru, G6 di Asia - Eropa (AE).

Congrats deh Bro.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar