Jumat, 18 Mei 2012

JT 180512 : H-POS Buka Peluang Lagi Ke Amrik


Perjuangan tanpa henti dan tak kenal lelah ditunjukkan oleh Hainan P.O Shipping (H-POS), berkenaan dengan niatan membuka kembali rute RRCina – Amrik. Servis ini sempat dihentikan sejak Desember 2011 lalu.

H-POS berniat membuka kembali rute Trans Pasifik (TP) sekitar akhir Juni 2012 dan akan menawarkan waktu tempuh 1 perjalanan setiap 35 hari, dengan memanfaatkan servis Intra-Asia (IA) CSV2 yang diperpanjang masuk Long Beach.

Saat ini, servis IA CSV2 menggunakan 4 kapal dengan rata-rata 1.700-1.800 TEUs dan kapal ke-5 disiapkan dengan kemampuan 2.800 TEUs. Nah kapal ke-5 inilah yang di-set masuk Amrik – demikian penjelasan dari pihak Alphaliner.

Kapal H-POS terakhir yang melayani rute diatas adalah Hugo Schulte, TD SHA 23/01 dan setelah itu digeser ke HPOS-TSL di rute China Australia Express (CAX). Loop TP ini berbeda dengan loop sebelumnya, dengan berbagai modifikasi.

Kapal pertama dijadualkan ETD Ho Chi Minh 10/06 dengan kapal Sicilia (1.795 TEUs) dengan pola rotasi Ho Chi Minh City (Cat Lai) - Laem Chabang – Yangpu - Hong Kong – Yantian – Xiamen – Ningbo – Shanghai - Long Beach - Xingang selanjutnya disambung CSV 2 : Dalian – Incheon – Qingdao – Shanghai – Ningbo - Hong Kong – Yangpu - Ho Chi Minh City.

Awalnya, H-POS berniat membangun armada 3.500 TEUs di TP namun karena kondisi pasar ngga memungkinkan, jadi bergeraklah dengan kapal-kapal yang ada dulu. Congrats dan merupakan terobosan berani disaat pasar Amrik masih belum pulih.

H-POS bermitra dengan TS Lines (TSL) membangun 3 loops di TP di bulan Mei 2011, menggantikan single loop yang dimiliki masing-masing. H-POS masuk TP bulan Agustus 2101 sementara TSL menyusul di bulan November 2010.

TSL akhirnya cabut dari pasar TP di bulan Desember 2011 saat kemitraan dengan H-POS berakhir. Dalam skema servis TP baru, TSL ngga berminat masuk dulu pasar Amrik. Lihat sikon dulu aja. Gitu.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar