Rabu, 23 Mei 2012

JT 230512 : CSCL Neptune Lampaui Kapasitas Terusan Panama


Kapal milik China Shipping Container Lines (CSCL), CSCL Neptune 14.074 TEUs bisa jadi akan menjadi kapal terbesar yang tengah diuji kemampuannya melewati Terusan Panama pasca renovasi karena memiliki kelebihan kemampuan muat alias 1 box diatas ketentuan.

CSCL Neptune merupakan kapal terakhir dari 8 (delapan) kapal sejenis yang dipesan pelayaran Negeri Panda dari galangan kapal Korea Selatan, Samsung Heavy Industries (SHI) sejak bulan Agustus 2007 lalu.

Harga kapal ini per unitnya mencapai USD 170 juta. Kapal ini mampu membawa 20 rows diatas dek kapal. Kapasitas yang disarankan hanya 19 rows saja. Untungnya, dia bertugas di rute Asia – Eropa (AE) dan minggu ini dipinjam ke rute Asia – Timur Tengah.

Kapal yang dikelola oleh CSCL Star Shipping Co. Ltd ini, dioperasikan bersama mitra pelayaran CMA CGM (Perancis) dan UASC (Arab) dengan nama sesuai selera masing-masing : CIMEX/AMA/AGX 1. Tahu khan maksudnya ?

Cara bacanya gini nih. CSCL menyebutnya servis Asia – Timur Tengah dengan nama CIMEX, CMA CGM menggunakan nama AMA sedangkan UASC memberi label AGX 1. Kapal ini masuk kategori “neooverpanamax” – demikian catatan Alphaliner.

Wooow, tambah gede tambah greget dunk ... Jangan lengah aja. Ini kapal baru, generasi terkini dan harus memiliki nilai lebih kepada Customer. Congrats deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar