Kamis, 24 Mei 2012

JT 240512 : Mantan Chairman Vinalines Ditahan


Pihak kepolisian Vietnam menahan mantan petinggi perusahaan pelayaran pelat merah negeri semata wayang, Vietnam National Shipping Lines (Vinalines) karena didakwa ngga bisa mengelola perusahaan negara dengan baik.

Duong Chi Dung (saat ini menjabat direktur Vietnam Maritime Administration / VMA) sejak bulan Februari lalu, bersama 2 (dua) pejabat lainnya, yakni - Mai Van Phuc dan Tran Huu Chieu, keduanya pernah di manajemen Vinalines, akhirnya ditahan sejak hari Jumat lalu.

Penahanan diberlakukan setelah didapati bukti-bukti oleh pihak penyelidik, adanya sejumlah penyimpangan di Vinalines sejak tahun 2007 hingga 2010, termasuk transaksi pembelian kapal tua dan ketidak-efisienan kapal tersebut.

Dalam laporannya, Vinalines selalu melaporkan profit namun para ekonom dan pengamat meragukan hal tersebut dan meminta dilakukan audit untuk memastikan kebenarannya. Biasa deh, pada saat berkuasa susah ditembaus, tetapi pada waktunya ... eng ing eng. 

Fakta akan terungkap. Sejumlah afiliasi Vinalines pun berguguran alias membukukan kerugian (losses). Akhirnya, pemerintah Vietnam geram dan menurunkan tim investigasi untuk membuktikan hal tersebut.

Tak kurang dari Vietnam Shipbuilding Industry Group (Vinashin), usaha milik negara yang bergerak di sektor galangan kapal, juga dilakukan penyelidikan di tahun 2010. Hasilnya, cukup menyakitkan sehingga harus melewati proses restrukturisasi.

Ikut prihatin deh. Vinalines, Vinashin atau Vina yang lain (asal bukan Vina Panduwinata) bakal terus diselidiki agar kebocoran anggaran ngga berlarut-larut.

Sumber : STA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar