Sabtu, 14 April 2012

JT 140412 : Sharjah Tampung Kapal Tergede 14.074 TEUs


Menurut catatan WAM (Emirates News Agency), pelabuhan Sharjah yang dioperasikan oleh Gulftainer, Khorfakkan Container Terminal (KCT), berhasil mengakomodir kapal terbesar saat ini, CSCL Uranus (milik China Shipping Container Lines - CSCL).

Kapal berkapasitas 14.074 TEUs ini tengah melakukan pelayaran perdana (maiden voyage) dari wilayah Timur Jauh (Asia) ke Eropa dan melintasi Timur Tengah. Kapal ini padahal baru aja keluar dari pabriknya tgl 09/03 lalu dan langsung dipake.

Bagi KCT, ini merupakan kepercayaan kesekian yang diperoleh tahun ini setelah tahun 2011 lalu, operator Gulftainer menyabet penghargaan “Shipping Port of The Year” di ajang Annual Supply Chain and Transport Award (SCATA 2011) di Dubai dan diakui sebagai salah satu pelabuhan paling efisien.

KCT berlokasi di Samudera Hindia dan bertetangga dengan Selat Hormuz, pelabuhan ini memiliki dermaga sepanjang 1.900 meter, 20 unit ship-to-shore gantry cranes sehingga mampu menampung kapal terbesar sekalipun.

Gulftainer beroperasi sejak tahun 1976 di Uni Emirat Arab (UEA) dan mengoperasikan 3 pelabuhan di Timur Tengah, Sharjah Container Terminal (SCT), KCT dan Borouge (Ruwais), Abu Dhabi.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar