Jumat, 13 April 2012

JT 130412 : Horizon Serahkan 5 Kapal Ke SFL & Berbenah Diri

Pelayaran bermasalah, Horizon Lines, mencapai kesepakatan dengan Ship Finance International Limited (SFL), untuk mengembalikan 5 unit kapal yang disewanya namun kini diparkir di perairan Filipina.

Dibawah perjanjian baru ini, perusahaan pelayaran dan logistik ini memberikan 10 % saham ke SFL, plus USD 40 juta bond untuk mengakhiri sistem sewa. Pelayaran terbesar di Amrik ini mengalami kesulitan keuangan sejak Februari 2011 lalu.

Pasalnya, saat itu Departemen Kehakiman Amrik menjatuhkan penalti/denda USD 45 juta karena isu price fixing (penetapan harga), Horizon sempat oleng. Belakangan jumlah dendanya diturunkan hingga USD 15 juta, bahkan de-listed dari bursa NYSE (New York Stock Exchange).

Menurut media American Shipper, 5 (lima) unit kapal Hunter-class berkapasitas rata-rata 2.824 TEUsTrans Pasifik (TP) dan dipergunakan Horizon Lines di rute kabarnya sudah di-stop di Guam (westbound leg).

Untuk eastbound leg, Horizon sempat membeli slot ke Maersk Line namun perjanjian berakhir di tahun 2010 sehingga akhrnya perusahaan memutuskan membuka servis sendiri dan secara tak dinyana berhenti melayani RRCina - Amrik sama sekali tahun 2011 itu juga.

Dengan semangat perjanjian baru, Horizon bisa menghapus utang USD 32 juta sebagai biaya sewa 5 kapal tadi dan juga penghapusan USD 3 juta sebagai akibat memarkir kapal (idle ships) untuk jangka waktu lama akibat kompetisi yang ketat.

Horizon yakin banget posisi keuangannya saat ini sudah pulih dan siap berkompetisi kembali. Selain itu, Horizon akan menyederhanakan susunan direksi, dari 11 menjadi 7 pos doank. Bahkan para petinggi lama digeser, seperti Alex Mandl, William Flynn, Bobby Griffin dan Carol Hallet.

Sebagai Chairman baru, akan duduk Jeffrey Brodsky (menggantikan Alex Mandl) dan bertindak selaku CEO hingga terpilihnya pimpinan baru, Stephen Fraser. Lumayan lah sudah lama bercokol dan kini ganti suasana.

Akankah Horizon bisa tampil gagah perkasa ditengah suasana dan iklim perekonomian yang masih belepotan ini ? Ingat lho, kuartal 1 - 2012 mayoritas pelayaran sudah menjerit karena harga ngga kunjung membaik.

Just wait and see.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar