Senin, 02 April 2012

JT 020412 : Petinggi Vinashin Dipenjara


Jumat lalu merupakan hari bersejarah, setidaknya bagi para mantan pejabat yang pernah merasakan enaknya memiliki pangkat di perusahaan pelat merah negeri semata wayang, Vietnam. Kini mereka dijebloskan ke penjara.

Apa pasal ? Seperti diketahui, 9 (sembilan) mantan pejabat eksekutif dituduh salah-kelola atas perusahaan berbasis industri galangan kapal, Vietnam Shipbuilding Industry Group (Vinashin), yang merupakan perusahaan negara terbesar saat itu.

Mantan Chairman Vinashin, Pham Thanh Binh dijatuhi hukuman 20 tahun oleh pengadilan Vietnam, sementara 3 orang lainnya dikenakan hukuman 19 tahun, namun sayang ngga disebutin nama-namanya. Selain hukuman penjara, para tertuduh pun diharuskan membayar denda.

Kegagalan yang menimpa Vinashin menyebabkan perusahaan pelat merah ini menanggung beban utang hampir USD 4,5 milyar dan nyaris bangkrut. Walau sudah jatuh tempo beberapa waktu lalu, nyatanya Vinashin gagal melaksanakan pembayaran utang.

Bagaimana kelanjutan sejarah Vinashin dan juga perjuangan para mantan petinggi perusahaan, kini semakin seru di Vietnam. Yang salah harus dipenjarakan dan mengembalikan imej perusahaan merupakan sesuatu yang sulit diharapkan dalam waktu dekat.

Kita ikuti saja perkembangannya,

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar