Jumat, 06 April 2012

JT 060412 : HJS Tunggu Kapal ke-2 13.100 TEUs


Waaaah, beneran nih, pertambahan kapal gede (ka-ge) ngga bisa di-rem lagi. Paling banter, konstruksi ka-ge diundur seperti yang dilakukan beberapa pelayaran sebelumnya, semisal CMA CGM dan YML.

Kini, Hanjin Shipping (HJS) tengah memanen order ka-ge, belum lama ini menerima kapal pertama di seri 13.100 TEUs, Hanjin Sooho. Kabarnya, ini kapal pertama dari total 8 unit yang dipesan dari galangan Hyundai Heavy Industries (HHI).

Awalnya, pesanan kapal ini dimiliki Muenchmeyer Petersen & Co (MPC) di tahun 2008 saat krisi moneter mulai melanda dan kapal-kapal ini sedianya akan disewakan. Sehubungan perkembangan yang terjadi, bubar jalan deh.

Selanjutnya bisa ditebak, rontoknya lembaga keuangan Lehman Brother saat itu, ikut menumbangkan MPC – demikian catatan Alphaliner. Order MPC dilakukan februari sedang Lehman ambruk di bulan September tahun yang sama.

Akhirnya, untuk menyelamatkan semua pesanan yang sudah ditanda-tangani, HJS mengambil-alih 5 unit diantaranya, sedangkan 3 unit lainnya dialihkan ke investor pihak ke-3, Gansen Bay Ltd. Serah terima pun akhirnya molor setahun lebih.

Hanjin Sooho kini bertugas di servis CKYH NE6, yang awalnya mengoperasikan 10 kapal berkekuatan antara 8.200 – 9.950 TEUs ke 11 unit kapal berkapasitas 10.000 – 13.100 TEUs. Hanjin Sooho menjadi pelengkap armada terbaru di NE6.

Kapal selanjutnya, kabarnya akan segera dikirim dalam waktu dekat. Tunggu tanggal mainnya aja.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar