Selasa, 22 November 2011

JT 221111 : Vinashin Penjarakan Mantan Boss & Sejumlah Pejabat

Buntut dari hancurnya reputasi nama Vinashin, mantan petinggi yang menjabat group chairman saat itu, Pham Thanh Binh serta 8 (delapan) pejabat elit raksasa galangan kapal Vietnam tersebut dimasukkan sel.

Binh dan sejumlah pejabat berwenang saat ini didakwa menyalahgunakan kekuasaan. Ancaman hukumannya maksimal dipenjara 20 tahun. Kabarnya, masih ada sejumlah pejabat lain yang akan diseret namun hingga kini baru 9 orang saja.

Selama masa penyelidikan, ke-9 orang diatas didakwa bersalah, menyebabkan kerugian perusahaan negara hingga VND 910 milyar (= USD 43,4 juta). Tahun lalu, shipbulder ini nyaris bangkrut dengan tunggakan hutang mencapai USD 4,5 milyar.

Dua petinggi lain yang dituduh bersalah dan sebelumnya memiliki jabatan diperusahaan pelat merah Vietnam tersebut adalah  Ho Ngoc Tung (direktur keuangan Vinashin) dan Giang Kim Dat (manajer bisnis Vinashin Ocean Shipping).

Akibat kemelut ini, Vinashin porak poranda dan memerlukan waktu untuk melakukan restrukturisasi. Penempatan ke-9 tersangka masih belum diketahui lebih lanjut, akan dijebloskan ke penjara mana. Pejabat hukum yang akan menentukan kemudian.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar