Kamis, 03 November 2011

JT 031111 : MSC Dibayangi Klaim Kapal Rena

Penyewa kapal kontainer Rena (3.300 TEUs) ketiban pulung. Siapa lagi kalo bukan Mediterranean Shipping Co. (MSC), pelayaran kedua terbesar di dunia setelah Maersk Line. Padahal sang juragan kapal Costamare, tenang-tenang aja tuh.
 
Kapal Rena yang kandas awal Oktober lalu di Selandia Baru menyimpan segudang potensi claim dari pemilik barang, yang hingga kini pastinya belum tiba ditangan mereka. Saat ini, tim penyelamat masih bekerja keras memompa sisa bahan bakar agar tidak mencemari lingkungan.
 
Kabar ini menyeruak belum lama ini dan pengajuan secara pasti, akan disampaikan setelah operasi penyelamatan usai. Costamare diberi batas waktu 60 hari sejak kapal kandas untuk melakukan hal-hal yang harus dipenuhi, untuk meminimalisir claim.
 
Kapal berbendera Liberia ini, kehilangan 350 ton minyak yang tumpah ke laut sementara 88 unit kontainer dikabarkan hilang ato tenggelam / mengapung diperairan sekitar gerbang masuk keluar  menuju pelabuhan Tauranga.
 
Karena cuaca buruk yang menyelimuti proses evakuasi, dikhawatirkan dampak yang dipikirkan benar-benar bisa terjadi. Jangan dulu ngomong jumlah claim yang timbul karena masih dalam hitungan Buyer.
 
Berita duka buat MSC nih. Stay cool and stay tune. Rujukan terdekat, baca JT 281011 : Update – Minyak Rena Mulai Dipompa.
 
Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar