Senin, 21 November 2011

JT 211111 : Lima Pelayaran Lebur Servis Asia – Meksiko/Amsel

Akibat volume yang tak kunjung membaik di seantero dunia, dampak terparah ada Asia – Eropa (AE) dan Trans Pasifik (TP), Amrik sana. Kini mulai merembet ke area dagang Meksiko dan Amerika Selatan (Amsel).

Buktinya, 5 (lima) pelayaran global sepakat menyesuaikan kapasitas yang ada dengan potensi yang tersedia, ketimbang harus perang harga dan mengoperasikan kapal malah rugi. Terhitung mid-November ini akan melebur 3 loop yang ada menjadi 2 loop aja.

Ke-5 pelayaran tersebut adalah Hamburg-Sud (H-S), CCNI, China Shipping Container Lines (CSCL), Hanjin Shipping (HJS) dan Hyundai Merchant Marine (HMM). Loop 1 H-S menyediakan 10 unit, CCNI 1. Di Loop 2, CCNI, CSCL dan HJS menyediakan masing-masing 3 unit dan 1 unit HMM.

Rotasi Loop 1 :  Keelung – Hong Kong – Xiamen – Ningbo – Shanghai – Pusan – Lazaro Cardenas – Manzanillo – Buenaventura – Callao – Iquique – Puerto Angamos – Valparaiso – Keelung. Kapal rata-rata berkapasitas 5.500 TEUs, jumlah 11 unit.

Rotasi Loop 2 : Ningbo – Shanghai – Shekou – Hong Kong – Pusan – Manzanillo – Buenaventura – Guayaquil – Puerto Angamos – Valparaiso – San Vicente – Manzanillo – Pusan – Shanghai. Di servis ini ada 10 kapal berkapasitas antara 3.100 – 4.500 TEUs.

Dua loop ini merupakan hasil perkawinan 2 servis yang dimiliki H-S dan CCNI : CEX/NAX sedangkan HJS – HMM dan CSCL menggunakan servis ALW/NPX. Kombinasi berhasil menekan total kapasitas 1.500 TEUs per minggu ato secara total mendekati 9.500 TEUs.

Begitu  deh kompetisi kadang ganas namun disisi lain menyadarkan pelayaran global untuk bisa berkolaborasi. Bisa khan ? Kenapa ngga ?

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar