Jumat, 04 November 2011

JT 041111 : Reefer Meledak, APL & Maersk Tarik Unit

Kayaknya, ini insiden yang baru terjadi secara beruntun dan melibatkan kontainer berpendingin alias reefer boxes. Belum lama ini, sejumlah kontainer reefer meledak dan menewaskan pekerja pelabuhan sehingga menimbulkan protes keras.

Namun ketakutan keburu membahan sehingga menimbulkan tuntutan kepada pihak perusahaan pelayaran, untuk mengambil langkah nyata, guna mengamankan operasi reefer containers. Di Amrik pantai barat, sejumlah pekerja memilih cabut (walk-out).

Protes ini dipicu atas tewasnya 3 (tiga) orang pekerja pelabuhan di Vietnam dan Brazil. Kini muncul aliran anti-kapitalis “Occupy Oakland” yang akan mengawal piket di pelabuhan (Amrik). Dengan mengerahkan buruh pelabuhan, mereka bisa menutup kegiatan pelabuhan.

Juru bicara salah satu asosiasi kuat di Amrik, ILWU (International Longshore and Warehouse Union), Craig Memlees menegaskan, ngga banyak yang bisa dilakukan, sampai semua yang terjadi dipastikan aman untuk dijalankan kembali.

Artinya, butuh keseriusan penanganan operasi kontainer reefer agar tidak memperuncing konflik yang diakibatkan timbulnya ketidaksamaan persepsi di lapangan. Maersk Line langsung menarik 844 unit dan memfokuskan perawatan sistem gas.

APL memerintahkan penarikan 103 unit kontainer reefer untuk di-inspeksi. Menurut media cetak yang bermarkas di Newark, Journal of Commerce (JoC), APL meng-handle 50.000 unit di seluruh dunia. Nah, bagian mana yang rusak, masih diselidiki.

Sebelumnya, buruh pelabuhan Oakland menolak memuat kontainer reefer. Pihak otoritas kepelabuhanan di Seattle dan Tacoma (Amrik), bekerjasama dengan ILWU dan PMA (Pacific Maritime Association) dan pelayaran, sepakat menerapkan prosedur baru.

Kelanjutannya seperti apa, kita monitor saja.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar