Selasa, 29 September 2020

JT 290920 : Ratusan Karyawan AirAsia Terancam PHK

 

Sehubungan dengan pandemi Coronavirus yang belum juga tuntas, industri penerbangan harus sudah bersiap2 merumahkan sebagian karyawannya namun bisa dipastikan, hanya sedikit saja yang akan dipertahankan.

Salah satunya maskapai penerbangan asal Negeri Jiran yang sudah siap2 mengurangi karyawannya. AirAsia Grup Bhd berencana melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagai dampak pandemi Covid-19.

Laporan dari Bernama (kantor berita Malaysia) itu didasarkan atas keterangan seorang sumber yang menghadiri sesi temu wicara, yang diadakan pada Senin 28/09/2020.

Karyawan yang akan dirumahkan bakal diberitahu dalam waktu 72 jam. AirAsia Malaysia akan memberi mereka sejumlah bantuan, seperti tunjangan kesehatan dan penukaran kupon penerbangan akhir tahun.

CEO AirAsia Bhd Riad Asmat mengatakan maskapai tersebut telah menghubungi pemerintah tetapi belum mendapatkan respons. Mereka yang diberhentikan kemudian akan dipekerjakan kembali setelah maskapai melewati pandemi. Staf yang tersisa tidak akan dipotong gajinya. Beruntungnya ...

Sementara itu, AirAsia X akan melakukan penghematan lebih luas menyangkut staf teknis dan awak kabin, dengan metode last in, first out (masuk terakhir, keluar pertama).

Berita selanjutnya, tunggu kabar.

Sumber : Newswire / Foto : Bangkok Post.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar