Selasa, 22 September 2020

JT 220920 : CMA CGM Namai Kapal Jacques Saade

 

Untuk menghormati mendiang pendiri perusahaan pelayaran CMA CGM, manajemen perusahaan pelayaran Perancis ini mengabadikan nama CMA CGM Jacques Saade, untuk kapal barunya yang memiliki kapasitas 23.000 TEUs.

Kapal kontainer anyar ini diklaim sebagai kapal pertama yang sepenuhnya memanfaatkan bahan bakar gas alam cair (liquefied natural gas / LNG) sedangkan yang lainnya mengkonversi ke LNG. Gitu.

Galangan kapal yang dipercaya membangun 9 (sembilan) unit kapal kontainer bertenaga LNG ini yakni Shanghai Jiangnan-Changxing Shipyard, RRCina. Target hingga akhir 2022 CMA CGM akan mengoperasikan 20 kapal bertenaga LNG.

Kini semakin perusahaan pelayaran membuat kapal baru – baik kontainer meupun bulk hingga kapal pesiar – berbahan bakar LNG karena sebagaimana direkomendasikan oleh IMO / International Maritime Organization.

Regulasi ramah lingkungan yang dikampanyekan adalah mengurangi emisi gas buang kapal 30 persen di tahun 2025, dari level tahun 2008. Regulasi IMO selanjutnya menetapkan pengurangan emisi berikutnya 40 persen di tahun 2040 dan 70 persen di tahun 2050.

Semoga berhasil. Demi anak cucu kita juga. Bismillah.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : CMA CGM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar