Minggu, 13 September 2020

JT 130920 : RRCina Akan Larang Blank Sailing

 

Sehubungan dengan maraknya kenaikan tarif uang tambang / ocean freight, menyebabkan pemerintah pusat RRCina di Beijing akan melarang ihwal blank sailing, yang belakangan kerap disampaikan oleh perusahaan pelayaran.

Alasan tersebut muncul akibat semakin menggilanya ocean freight dari RRCina ke area Trans Pasifik (TP) sehingga mengundang kecurigaan yang mendalam + Customer juga pastinya berteriak, woooooi tambah mahal aja wooooooi !

Bahkan menurut laporan The Loadstar yang berbasis di London, angka tertinggi yang dicapai merupakan yang paling waaah dalam 8 tahun terakhir. Dan klo gak dilakukan tindakan nyata, ocean freight bisa terus meroket.

Pemerintah RRCina melalui Kementerian Perhubungan disono kabarnya sedang mengkaji kebenaran info diatas, perihal kenaikan tarif dari RRCina ke TP dan jika ada blank sailing maka per tgl 12/10 nanti harus diajukan secara resmi. Sebenarnya, pihak Kemenhub di RRCina menolak adanya blank sailing.

Isu diatas muncul setelah Zest Shipping Media (Hong Kong) yang  melansir bahwa pelayaran Cosco Shipping telah membatalkan kenaikan harga per tgl 15/09 dan harapannya akan diikuti oleh pelayaran lain.

Jika dibiarkan maka perusahaan pelayaran sulit mengontrol kapasitas dibandingkan dengan kondisi pasar yang fluktuatif. Salah satu pengamat pelayaran menyimpulkan, pelarangan blank sailing bukan isu utama tapi cukup menohok.

Selama tujuh minggu berjalan, tarif ke Amrik pantai barat (US West Coast / USWC) telah meningkat. Indeks tarif kontrak CCFI (China Containerized Freight Index) ke USWC, diperkirakan telah meningkat 12 persen dalam empat minggu terakhir, dan 44 persen sejak awal pandemi.

Pekan lalu, Flexport mengatakan kenaikan tarif kemungkinan terjadi pada rute Asia-Eropa. Hingga Oktober mendatang diperkirakan pasar menguat hingga menjelang Golden Week. Untuk menjadi perhatian semua pihak nih ...

Sumber : HKSG / Foto : Ocean Insight.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar