Jumat, 11 September 2020

JT 110920 : Kapal Sajir H-L Konversi ke LNG

 

Sebuah dok galangan kapal di Cina daratan, Shanghai Huarun Dockyard baru saja dapat oder senilai USD 30 juta untuk mengkonversi sistem bahan bakar kapal yang ada, ke bahan bakar gas alam cair ato LNG.

Kapal dimaksud yaitu Sajir milik pelayaran asal Jerman, Hapag-Lloyd (H-L). Kapal ini aslinya milik pelayaran United Arab Shipping Co. (UASC) namun kemudian diakuisisi oleh H-L beberapa tahun silam. Makanya nama kapalnya agak aneh.

Kapal Sajir memiliki kapasitas 15.000 TEUs dan diklaim sebagai kapal pertama yang sepenuhnya dikonversi menggunakan bahan bakar LNG / liquefied natural gas. Seharusnya proyek ini sudah dikerjakan di bulan Mei tetapi karena Covid-19 jadi tertunda.

Kapal Sajir sudah tiba di Shanghai sejak tgl 31/08 dan akan melakukan pekerjaan retrofit serta instalasi tangki bahan bakar LNG 6.500 cbm – demikian sebagaimana dilaporkan media Naija 247.

H-L mengakuisisi UASC tahun 2017 dan seluruh 16 kapal lainnya siap dirubah menjadi kapal berbahan bakar LNG. Pengisian LNG-nya sudah disiapkan di pelabuhan Rotterdam dan disiapkan tangki LNG milik MOL + Total.

Selain kapal H-L, di RRCina juga sedang dibangun kapal2 berbahan bakar LNG, salah satunya dari pelayaran CMA CGM yang memesan 8 (delapan) kapal di galangan Hudong-Zhonghua.

Bahkan Eastern Pacific yang memiliki kapal 15.000 TEUs, Tenere sudah melakukan ujicoba dengan LNG dan dikabarkan segera operasional.

Sumber : Dari Sana-sini / Foto : Safety4Sea.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar