Kamis, 30 Juni 2016

JT 300616 : H-L Merger Dengan UASC

Akhirnya, kata sepakat itu muncul juga. Pelayaran terbesar ke-6 di dunia, Hapag-Lloyd (H-L) sepakat merger dengan pelayaran Timur Tengah yang sedang naik daun dan menempati ranking ke-11, United Arab Shipping Co. (UASC). Tooop nih.

Bila merger ini mendapat restu dari semua otoritas terkait (FMC, Uni Eropa dlsb) maka H-L/UASC bakal menjadi pelayaran ke-5 terbesar dan bakal memainkan peran penting di industri maritime global karena H-L termasuk salah satu inisiator kongsi THE Alliance.

Direksi H-L menyetujui untuk melakukan langkah berani, guna menyikapi kejadian dui luar sana yang semakin hari dinilai semakin ganas sehingga perlu kejelasan sikap untuk menandingi para kompetitor di sektor pelayaran global.

Kabarnya, pihak UASC gak juga mempermasalahkan siapa pemegang saham mayoritas namun kedepannya gak mustahil juga bakala ada pembicaraan lebih lanjut. Kombinasi H-L/UASC ini diharapkan dapat saling mengisi kekurangan masing2 pelayaran.

UASC sangat kuat di Timur Tengah karena pemegang sahamnya terdiri dari 6 (enam) negara Teluk Arab dan H-L ditengarai kuat di Eropa dengan kharismanya namun di berbagai tempat di dominasi oleh agen ato perwakilan.

Persentase siapa yang bakal menguasai saham perusahaan anyar diatas masih simpang siur. Cuma nih, kabarnya H-L bakal menguasai 72 persen sedangkan UASC mendapat jatah sisnya. Hasil hitungan tersebut berdasarkan nilai valuasinya.

UASC dimiliki oleh 6 (enam) negara Teluk, yakni Qatar, Arab Saudi, Kuwait dan Uni Emirat Arab (UEA) sedangkan kepesertaan Irak sempat dibekukan hingga pemberitahuan lebih lanjut di UASC. Qatar menguasai saham UASC dengan 51 persen dan Arab Saudi 36 persen.

UASC memiliki kapal sekelas Triple-E yang dioperasikan Maersk Line dan mampu mengangkut 18.000 TEUs sekali jalan. UASC memiliki 6 (enam) kapal setipe ini dan selain itu, UASC tengah membangun kapal2 gede lainnya dan juga sejumlah kapal feeder.

Rujukan berita sebelumnya, silahkan baca JT 260516 : H-L Nunggu Hasil Nego Dengan UASC, JT 220516 : UASC Bahas Soal Merger Dengan H-L, JT 200516 : Terbentuknya Aliansi Anyar : THE, JT 190516 : H-L Merger Dengan UASC ? dan JT 150516 : THE Alliance Siap Bersaing.

Artinya, hembusan gosip selama ini ternyata jadi kenyataan. Sekarang udah sah dan gak bisa dibilang rumors lagi. Jozz pokoƩ dan apa nama barunya nanti, kita tunggu aja ya. Begitu pun sepak terjangnya.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar