Selasa, 14 Juni 2016

JT 140616 : HMM Tetap Eksis Koq

Walau sempat kena isu bakal digeser dari aliansi strategis tempat bernaungnya saat ini, dan karena digoyang isu kondisi keuangan internal, perusahaan pelayaran Korea ini akhirnya  para petinggi Hyundai Merchant Marine (HMM) baru bisa menghela nafas untuk sesaat.

Rupanya, pihak HMM baru aja nge-deal dengan para juragan kapal supaya dapat harga sewa yang lebih rendah dari sebelumnya, dengan maksid supaya bisnis bisa tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Sejumlah juragan kapal (owners), seperti : Danaos Corporation, Eastern Pacific Shipping, Zodiac Maritime Agencies, Navios Maritime dan Capital Ship Management Corporation menyepakati diskon 20 persen untuk kapal mereka yang disewa ke HMM.

Itu khusus untuk diskon sewa kapal kontainer , sementara untuk jenis bulk ship pihak HMM mendapat diskon 25 persen. Setidaknya, potongan harga sewa ini memberikan ruang gerak baru bagi biz HMM kedepan.

Opsi pembelian kapal gede yang didukung oleh Korean Development Bank (KDB) juga memungkinkan pihak HMM bisa diterima dengan baik oleh mitra kerjanya di aliansi G6, setelah sebelumnya bersiap untuk menggeser peran HMM bila gak ada progress.

Seperti diketahui, aliansi strategis G6 dan CKYHE melebur diri membentuk aliansi anyar dengan nama THE Alliance, yang kini beranggotakan Hanjin, Hapag-Lloyd, "K" Line, MOL, NYK dan Yang Ming.

Klo HMM gagal, bisa dipastikan spekulasi yang negative di pasar dan berdampak pada imej HMM secara menyeluruh di industri pelayaran. Kini rasa percaya diri udah mulai tumbuh lagi dan semoga bisa berkibar lagi.

KDB bakal mengawal ketat agar kejadian yang sempat membuat kolaps HMM bisa dihindari. Awal yang baru di THE alliance bakal membawa perubahan drastis karena konstelasi aliansi strategis udah berbeda dari sebelumnya.

KDB kedepannya bakal menguasai saham HMM dan bertindak lebih professional, ketimbang dimiliki individu yang dijalankan secara tradisional sehingga menghambat proses transformasi HMM menjadi salah satu global carrier di masa depan.

Saat ini, HMM mengoperasikan 124 kapal, 25 unit diantaranya merupakan kapal sewa. Untuk itu pemberian diskon tadi merupakan sebuah berkah bagi HMM.

Bravo !


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar