Kamis, 02 Juni 2016

JT 020616 : Akuisisi CMA CGM Atas APL Disetujui

Pelayaran Peranscis, CMA CGM boleh berlega hati setelah pihak otoritas terkait akuisisi atas pelayaran APL tempo hari, disetujui oleh Anti-Monopoly Bureau dari Chinese Ministry of Commerce (MOFCOM). Ini otoritas paling berkuasa di Tiongkok lho.

Sebelumnya, persetujuan serupa udah pernah diterima CMA CGM dari Komisi Eropa (KE) dan ini juga merupakan kewenangannya untuk membolehkan ato menolak permintaan yang diajukan oleh sebuah pelayaran saat ada tindakan merger ato akuisisi.

Kedua belah pihak memulai pembicaraan akuisisi sejak akhir November 2015 dan berakhir dengan kesepakatan akuisisi di bulan Desember 2015 juga, dengan nilai transaksi USD 2,4 milyar serta mengukuhkan CMA CGM sebagai pelayaran terbesar ke-3 di dunia setelah Maersk Line dan MSC.

Jumlah kapal yang dimiliki CMA CGM bakal ketambahan 94 kapal kontainer dengan jumlah agregat 818.000 TEUs, menjadi 469 unit kapal dan agregat 1,78 juta TEUs. Juga pangsa pasarnya, yang semula 8,8 persen melonjak menjadi 11,5 persen.

Menurut data, Maersk Line menguasai 14,7 persen dan MSC 13,3 persen serta semakin mengukuhkan kekuatan 3 Besar sulit tertandingi. Hapag-Lloyd (H-L) dan Evergreen menduduki ranking ke 4 dan 5 dunia saat ini dengan porsi masing2 4,6 persen.

Hmm … benar perkiraan MOFCOM tempo hari. Andai P3-network disetujui, bakal segede apa sekarang jadinya. P3-network tempo hari beranggotakan 3 besar ini (Maersk, MSC, CMA CGM) hingga datang penolakan dari MOFCOM. Bubar jalan deh.

Selanjutnya Maersk Line dan MSC membentuk aliansi 2M sedangkan CMA CGM sempat menggandeng UASC dan CSCL dengan Ocean 3 (O3), sampai akhirnya kini membentuk lagi Ocean Alliance (OA) bersama China Cosco, OOCL dan Evergreen.

Persaingan bertambah seru dan pelayaran global semakin menggurita saja. Sereeeem. Simak terus perkembangannya karena bisa berpengaruh terhadap komposisi keberadaannya di Indonesia juga.

Artinya, klo memang ada akuisisi pasti bakal ada PHK ato penyesuaian karyawan karena CMA CGM mengakuisisi APL dan COSCO dengan CSCL melebur diri menjadi China Cosco, padahal tempo hari Hapag-Lloyd (H-L) baru aja membeli CSAV.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar