Rabu, 29 Juni 2016

JT 290616 : Hanjin Kembalikan 38 Kapal Sewa

Waduuuh, ada apa nih ? Menurut media American Shipper, pihak Hanjin Shipping (HJS) bakal ngembaliin kapal2 sewanya, klo masa sewanya udah kelar. Yang bikin kaget, jumlahnya itu, ada sekitar 38 unit.

Perusahaan pelayaran yang tengah sekarat ini, kini tengah berupaya mati2an untuk tetap bisa eksis, setelah setelah sejumlah juragan kapal (ship-owners) menolak memberikan diskon harga sewa kapal kepada pihak HJS.

Menurut American Shipper juga, kapal yang bakal dibalikin terdiri dari 20 unit kapal kontainer  dan 18 bulk carrier. Langkah ini diambil untuk merestrukturisasi dan memotong biaya operasi agar bisa meningkatkan kemampuan HJS di masa datang.

CEO Sespan Corp, Gerry Wang, yang juga menyewakan sejumlah kapal anyarnya ke pihak HJS, mendorong pemerintah Korea Selatan melakukan tindakan nyata buat nyelamatin pelayaran Korea Selatan yang tengah terseok-seok ini.

Wang sempat geram dengan permintaan diskon HJS hingga 30 persen dan menyatakan bahwa tindakan sepihak HJS dengan meminta diskon (bila dipaksakan) merupakan tindakan illegal dan melanggar hukum internasional.

Akhirnya, karena ngerasa jiper (takut) dan gak sukses, pihak HJS memilih bakal ngembaliin kapal2 sewa daripada dipaksa bayar dengan harga yang saat ini gak mampu buat dibayar. Pihak Seaspan kabarnya meminta balik kapal yang disewa HJS, daripada harus ngasih diskon.

Kabarnya, ada 7 x 10.010 TEUs dan sewa kapal ini sebenarnya 10 tahun, dengan harga sewa tetap USD 43.000 per hari. Saat ini, HJS mengoperasikan 47 unit kapal sewa dan beberapa diantaranya masih diusahakan tetap disewa dengan harga khusus.

Besar kemungkinan, kapal2 yang disewa ini merupakan kapal milik Seaspan Corp dan sisanya milik juragan kapal lain (gak dijelasin siapa tapi bisa ditebak berdasarkan informasi sebelumnya). Ikut prihatin.

Sekarang tinggal nunggu waktu aja nih, bagaimana HJS bisa membalikkan kemurungan menjadi kemujuran kembali. Bravo !

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar