Senin, 20 Juni 2016

JT 200616 : Seaspan Tolak Usulan HJS

Inilah yang dihadapi perusahaan pelayaran global saat menghadapi ketidakpastian dalam bisnis dan megap2 menghadapi harga sewa kapal, sehingga program diskon ato dapat potongan harga sewa, menjadi berkah tersendiri.

Setidaknya, itu yang dialami perusahaan pelayaran Korea Selatan, Hyundai Merchant Marine (HMM) yang sukses mendapat diskon 20 persen dari juragan kapal tempo hari, semisal : Danaos Corporation, Eastern Pacific Shipping, Zodiac Maritime Agencies, Navios Maritime dan Capital Ship Management Corporation.

Nasib kurang baik dialami pelayaran Hanjin Shipping (HJS) saat tengah berupaya mencari sokongan agar eksistensinya di industri pelayaran tetap ok, namun sayang mendapat bogem mentah dari Seaspan Corp.

Pihak Seaspan menyampaikan bahwa kapal yang disewa merupakan kapal terkini dengan disain tercanggih (SAVER-design) sehingga dapat menghemat bahan bakar dan naïf aja udah dikasih kapal yang irit, lha koq minta diskon lagi.

Secara jelas, pihak Seaspan menolak permintaan diskon sebesar 30 persen dan sepertinya penolakan ini bakal memicu bom waktu bagi HJS. Hingga saat ini, pihak Sespan masih menunggu order teranyarnya siap (nunggu jadi) dari galangan Korea Selatan.

CEO Seaspan Gerry Wang menyebutkan, pihaknya gak pengen ada tarif diskon buat sewa kapal dari Seaspan. HJS mengoperasikan 7 (tujuh) kapal yang disewa dari Seaspan dan secara tegas Seapsan menolak tegas renegosiasi. Beuuuuuh mantep nih.

Pemerintah Korea Selatan memiliki opsi terpendek dan bila harus, menggabungkan (merger) pelayaran bermasalah menjadi satu entitas dan diharapkan kedepannya bisa menjadi lebih kompetitif serta profit lagi dibanding sebelumnya.

Siapa tahu ? Wong pemerintah Tiongkok sejauh ini sudah mencoba menggabungkan Cosco dengan China Shipping Container Lines (CSCL) menjadi China Cosco. Apakah akan menjadi lebih baik ? Ya tunggu 1-2 tahun ‘lah, khan ada proses penyesuaian.

Rujukan sebelumnya, silahkan baca : JT 150616 : Giliran Hanjin Shipping (HJS) Cari Dukungan dan JT 140616 : HMM Tetap Eksis Koq.


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar