Rabu, 08 Juni 2016

JT 080616 : CMA CGM + PSA Perkuat Singapura

Sebagai tindaklanjut dari akuisisi APL yang sebelumnya dimiliki NOL Group, dan dalam waktu dekat bakal berpindah majikan ke CMA CGM Group. Raksasa transportasi Perancis ini berniat bakal ngendon di Singapura lagi.

Artinya, kerajaan bisnisnya di Singapura bahkan bakal diperkuat dengan menggandeng operator berkelas ini untuk mengoperasikan salah satu terminal PSA dengan 4 (empat) dermaga, yang peruntukkannya nanti HANYA bagi kapal CMA CGM dan afiliasinya.

Ya boleh dikata eksklusif karena bakal melayani CMA CGM Group, setidaknya ada potensi 3 juta TEUs per tahun dan itu lebih dari cukup buat ngedongkrak lagi performansi PSA di Singapura supaya bisa bersaing dengan pelabuhan lain disekitarnya.

CMA CGM bakal ngebentuk perusahaan joint venture (J/V) dengan PSA Singapura dimana komposisi sahamnya 49 : 51 persen. Sementara NOL yang mayoritas sahamnya dikuasai Temasek Holdings, bersedia melepas sejumlah sahamnya ke CMA CGM.

PSA butuh bingitz dukungan dari pelayaran global seperti CMA CGM karena bisa ningkatin lagi eksistensi PSA di kawasan, setelah sempat anjlok dari porsi 89 persen di tahun 2000-an, jadi hanya 62 persen di tahun 2015.

Siapa lagi pesaing terdekat bila bukan Malaysia. Akankah negeri Jiran meradang setelah ditinggal CMA CGM ? Setelah itu barulah negeri Tiongkok yang sangat luar biasa dalam membangun infrastruktur pelabuhan dan saluran logistik lainnya.

Persaingan menjadi operator terminal bagi PSA merupakan pertaruhan citra dan kebanggaan Singapura sebagai hub-port yang selama ini dikampanyekan. Walhasil, Westport dan Port Klang sempat menikmati manisnya menjalin deal dengan CMA CGM.

Yuuuk kita monitor aja langkah selanjutnya CMA CGM. Setelah ini mo apalagi ?


Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar