Senin, 23 Mei 2016

JT 230516 : Amazon Urungkan Niat Akuisisi Colis Prive

Langkah raksasa Amazon yang digadang2 bakal menjadi pesaing pemain global seperti UPS ato FedEx, gak selamanya lancar. Ada aja kerikil2 tajam yang menghambat laju bisnisnya sehingga kadang harus berpilikir ulang.

Ini yang dialami Amazon saat hendak ngelanjutin ato ngga-nya untuk mengakuisisi operator parsel di Perancis yang bernama Colis Prive. Alasannya lebih ke faktor eksternal dan diluar kemampuan Amazon.

Saat ini, Amazon mengontrol 25 persen saham Colis Prive dan tempo hari berencana untuk mengakuisisi seluruh sahamnya guna memuluskan kegiatan biz raksasa e-commerce Amazon di kawasan.

Lucunya lagi, info ini udah sampe ke otoritas terkait Perancis (France’s Competition and Merger Authority) beberapa bulan lalu tapi baru ketahuan sekarang ini. Walau mundur dari rencana akuisisi tapi Amazon berniat tetap mempertahankan saham 25 persennya di Colis Prive.

Colis Prive mempekerjakan 400 karyawan dan melayani 1.700 biz kurir sub-contractors. Di tahun 2015 lalu, Colis prive mengirimkan 35 juta parsel keseluruh jaringannya. Apakah menunggu pasar kembali pulih dan Amazon akan memikirkan ulang opsi tadi? Entahlah.

Sumber : HKSG.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar