Minggu, 15 Mei 2016

JT 150516 : THE Alliance Siap Bersaing

Secara skala sih, bisa jadi andalan tetapi secara prinsip kerja, itulah yang blon teruji. THE – memiliki potensi besar untuk bisa menyaingi 2M sekalipun jumlah armada digabung sangat bervariasi ukurannya. 2M dimotori 2 (dua) pelayaran terbesar didunia, Maersk Line dan MSC.

Memang bersaing dengan 2M sekarang ini, diatas kertas bisa dibilang cari mati. Tapi ketimbang mati gak ngelawan, lebih sakit khan ? Itulah yang mendasari mending ngelawan sekalian aja, daripada mundur dari medan peperangan dan 2 M melenggang. No Way Man.

THE Alliance dibentuk oleh mantan anggota aliansi G6 dan CKYHE yang sekarang ini tercerai berai akibat munculnya kreasi baru Ocean Alliance, yang beranggotakan CMA CGM, China Cosco, Evergreen dan OOCL.

Upaya memecah belah aliansi ini berhasil dilakukan CMA CGM dengan mengakuisisi APL sedangkan COSCO melebur diri dengan CSCL (China Shipping Container Lines), maujud menjadi China Cosco. COSCO dan Evergreen anggota CKYHE sedangkan APL dan OOCL anggota G6.

Konstelasi aliansi terbaru memang rumit sehingga mau gak mau, menjadi keharusan bersama  bila gak ingin terlibas dan pupus namanya di industri pelayaran global. THE kini beranggotakan : Hanjin Shipping (HJS), Hapag-Lloyd, "K" Line, MOL, NYK dan Yang Ming.

Kekuatan ke-7 (tujuh) masih dalam tahap nego. Artinya karena ada rumors Hapag-Lloyd (H-L) bakal merger dengan pelayaran Arab, yaitu United Arab Shipping Co. (UASC) maka ini akan menjadi modal yang sangat besar bagi THE Alliance.

Jika maujud, kekuatan THE Alliance (termasuk UASC) bakal jozz. Melibatkan gak kurang 620 kapal dan menjadi salah satu aliansi terumit yang ada hingga saat ini. Persilangan budaya baru dengan sistem kerja yang berbeda, bisa jadi PR bersama yang kudu diprioritaskan.

Gak cuma itu. Menurut pengamat lagi, kombinasi THE Alliance akan membawa agregat 3,5 juta TEUs ato setara dengan 18 persen kapasitas armada kapal kontainer global yang siap sedia. Bukan lumayan lagi, artinya bisa diadu deh !

Nah, konstelasi ini diperkirakan dalam 5 (lima) tahun kedepan gak akan berubah banyak … hanya saja, siapa yang rontok dan siapa yang gugur bakal semakin nyata, kecuali diimbangi dengan perbaikan sikon ekonomi global. Semoga membaik ya.

Kedepannya akan ada 3 (tiga) aliansi besar, yaitu 2M, Ocean Alliance dan THE Alliance sedangkan O3, G6 dan CKYHE bakal menjadi sejarah. Yang kecil2, ya berjuang di pasar khusus deh.

Sumber : Dari Sana-sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar